All About Harvest Moon: Back to Nature

Thursday 15 March 2018

Tips Merawat Hewan Ternak Harvest Moon: Back to Nature

Cara Merawat Hewan Ternak Harvest Moon: Back to Nature - Banyak dari mereka yang baru memainkan permainan Harvest Moon: Back to Nature merasa kesulitan dalam merawat hewan ternaknya di tahun pertamanya, bahkan ada juga yang kesulitan sampai di tahun keduanya. Ini membuat saya tertarik untuk menulis tentang hal tersebut.

Masalah yang paling mendasar dan banyak di keluhkan tentang merawat hewan ternak disini adalah masalah pakan. Banyak dari mereka yang kesulitan dalam memberi pakan hewan ternak dikarenakan tidak cukupnya uang untuk membeli pakan tersebut, dimana uang menjadi sumber masalahnya disini. Diketahui kalau hewan ternak harus mendapatkan pakannya setiap hari atau jika tidak hewan akan sakit bahkan mati.

Tapi apa kamu tau kalau ada cara lain untuk mendapatkan pakan tanpa harus membelinya di toko dan bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dan ada juga yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma. Berikut ini tips merawat hewan dari saya.


Cara Merawat Hewan Ternak Harvest Moon: Back to Nature

Kuda



Pada saat spring tahun pertama, ketika kamu melewati Yodel Ranch, kamu akan dimintai tolong oleh Barley untuk merawat dan menjaga kudanya. Cara merawatnya mudah saja, yang perlu kamu lakukan hanyalah menyikat dan bermain dengannya saja. Kamu bisa membeli sikat di Blacksmith, saibara. Menyikat kuda dapat menambahkan +2 poin kasih sayang, mengajaknya berbicara akan +3 poin kasih sayang dan kamu bisa +2 poin kasih sayang lagi dengan bermain bersama kuda dengan cara bersiul padanya sampai kuda merespon. Tidak peduli berapa banyak kamu menyikat dan bersiul kepada kuda, poin kasih sayang hanya akan bertambah sekali dalam sehari. Jumlah kasih sayang yang bisa di dapatkan dari kuda berjumlah maksimum 255 poin dan untuk setiap 25 poinnya akan menjadi sebuah hati yang bisa di lihat di menu start. Kamu tidak perlu memberi kuda pakan karena dalam permainan ini tidak ada satu pun toko yang menjual pakan kuda.

Biarkanlah kuda bermain di perkebunanmu agar dia bisa berlari kesana-kemari karena itu akan membuatnya jauh lebih senang daripada harus berada didalam kandang seharian. Pada malam hari masukkan kembali kuda ke dalam kandang karena jika tidak, gonggongan anjing liar di malam hari bisa membuat kuda takut dan -1 poin kasih sayang. Masukkan juga kuda kedalam kandang saat turun hujan, salju, angin topan, ataupun badai salju, karena jika tidak akan -5 poin kasih sayang. Mengabaikan kuda seharian akan -1 poin kasih sayang, menyerang kuda dua kali menggunakan alat -1 poin kasih sayang.


Ketika kuda sudah besar, kuda bisa dinaiki untuk berjalan-jalan di area perkebunanmu dan juga kuda akan memiliki kantong bin disisi kiri dan kanannya, membuat kamu tidak perlu repot-repot bulak-balik ke tempat bin untuk menjual hasil panenmu. Kamu juga bisa mengikuti lomba balap kuda ditahun-tahun berikutnya.

Jika kudamu tidak memiliki total 8 hati pada akhir tahun, maka Barley akan datang dan mengambilnya. Dia menganggap kalau kamu tidak benar-benar serius merawat dan menjaga kuda tersebut.

Dan untuk kamu yang belum memiliki kuda sama sekali padahal spring tahun pertama sudah terlewat dan juga untuk kamu yang kudanya sudah terlanjur diambil kembali oleh Barley, kamu masih bisa mendapatkan dan mengembalikan kuda tersebut. Caranya adalah dengan menanam bibit rumput minimal 4pcs dikebunmu dan nanti jika sudah tumbuh Barley akan datang dan memberikanmu kuda poni baru, kuda yang masih kecil.

Jika sebelumnya kamu sudah mempunyai ladang rumput yang luas baru kemudian Barley mengambil kudamu, kamu hanya perlu menambahkan minimal 4pcs bibit rumput lagi dikebunmu untuk mendapatkan kuda baru.

Ayam


Pastikan kamu mempunyai hewan ternak ayam terlebih dulu sebelum membeli sapi dan domba, karena perawatan ayam lebih mudah dan tidak ada alat yang harus dipakai untuknya. Kamu bisa membeli ayam di Poultry Farm seharga 1.500g per ekor.

Ayam mempunyai poin kasih sayang tersembunyi sebanyak maksimum 255 poin dan untuk setiap 25 poinnya akan menjadi sebuah hati yang bisa di lihat di menu start. Memberikan ayam pakan akan +10 poin kasih sayang. Kamu bisa membeli pakan ayam di Poultry Farm seharga 10g per pcs atau kamu bisa membuat pakan ayam sendiri dengan cara melemparkan jagung ke kincir air yang berada di samping kandang ayam. 1 unit jagung yang kamu lemparkan ke kincir air akan diubah menjadi 10 unit pakan ayam.

Saya tidak menyarankan kamu untuk memberi pakan menggunakan dua cara tadi di tahun pertama ini, mengapa, karena itu membutuhkan uang yang tidak sedikit sedangkan di tahun pertama ini kamu harus berusaha mengumpulkan uang guna tahun-tahun berikutnya, jadi untuk memberikan pakan ayam yang perlu kamu lakukan adalah membiarkan ayam berada di luar, di area perkebunanmu, lalu berikan pembatas menggunakan kayu ataupun batu seperti gambar di atas, maka ayam akan mencari pakannya sendiri tanpa perlu kamu beri pakan.

Menggunakan kayu ataupun batu sebagai pembatas mempunyai kekurang masing-masing, pertama kayu, kayu hanya bisa tahan beberapa hari saja sampai akhirnya dimakan rayap dan kamu harus menggantinya mau tidak mau, kenapa, karena jika tidak diganti anjing liar bisa menakuti ayammu di malam harinya dan ini akan -10 poin kasih sayang dan jika poin kasih sayang benar-benar menjadi 0 maka ayam akan mati seperti halnya ayam Popuri dan ayam Rick yang mati di serang anjing liar. Menggunakan batu, tidak seperti kayu yang bisa di makan rayap, batu tidak. Hanya saja pembatas batu tidak bisa menahan serangan anjing liar, dengan kata lain jika kamu menggunakan batu untuk pembatas akan membuat ayammu kehilangan -10 poin kasih sayang setiap malam harinya. Jadi menggunakan kayu adalah pilihan yang tepat disini. Jangan lupa untuk melihat tv ramalan cuaca setiap hari, jika keesokan harinya hujan, salju, angin topan, ataupun badai, segera masukkan kembali ayam ke dalam kandang karena jika tidak akan -25 poin kasih sayang.

Jika ayam sudah mulai bertelur, jangan langsung kamu jual begitu saja apalagi memakannya mentah-mentah. Masukkan telur tersebut ke dalam inkubator dan setelah 3 hari, itu akan menetas. Setelah 9 hari lagi anak ayam yang tadi menetas akan menjadi ayam dewasa dan mulai menghasilkan telur. Lakukan hal ini sampai kamu mempunyai 5 ekor ayam dan barulah jual telur-telur hasil ayam tersebut ke dalam bin untuk menambah penghasilanmu.

Sapi


Pastikan untuk mempunyai 1 ekor sapi terlebih dahulu. Kamu bisa membeli sapi di Yodel Ranch seharga 6.000g per ekor.

Sapi mempunyai tingkat kasih sayang sebanyak maksimum 255 poin dan untuk setiap 25 poinnya akan menjadi sebuah hati yang bisa di lihat di menu start. Berbicara dengan sapi akan +3 poin kasih sayang, menyikatnya akan +2 poin kasih sayang, memerah susu sapi yang sudah besar +2 poin kasih sayang, memberinya pakan rumput di luar kandang +2 poin kasih sayang, dan memberikannya pakan ternak +1 poin kasih sayang.

Sebelum membeli sapi, pastikan kamu sudah mempunyai beberapa petak tanah yang ditanami rumput dan sudah tumbuh lebat. Rumput disini akan digunakan sebagai pakan sapi. Jika kamu sudah mempunyai beberapa petak tanah yang ditanami rumput maka yang perlu kamu lakukakan hanya membiarkan sapi berada di tempat yang terdapat rumput tersebut dan memberikannya pembatas menggunakan kayu maupun batu seperti gambar di atas. Penjelasan tentang pembatas yang menggunakan kayu ataupun batu sama seperti yang saya jelaskan pada bagian ternak ayam. Masukkan kembali sapi ke dalam kandang saat cuaca hujan, salju, angin topan, ataupun badai karena jika tidak akan -25 poin kasih sayang. Diakhir musim gugur, sebelum memasuki musim salju, masukkan semua sapi ke dalam kandang dan belilah pakan ternak secukupnya untuk satu musim.

Jika sapi sudah besar, belilah alat perah susu di Blacksmith. Perahlah susu sapi tersebut lalu jual ke dalam bin dan ini akan menambah penghasilanmu. Sedikit demi sedikit cobalah untuk memperluas petak tanah yang ditanami rumput dan belilah beberapa sapi lagi di Yodel Ranch.

Domba

Penjelasan domba sama seperti penjelasan sapi. Yang membedakan hanyalah sebelum kamu membeli domba, pastikan kamu sudah mempunyai gunting terlebih dulu. Kamu bisa membeli gunting di Blacksmith. Gunting disini dipakai untuk mencukur wol pada domba dan ini akan +2 poin kasih sayang. Jual wol tersebut ke dalam bin untuk menambah penghasilanmu. Bulu dombo yang habis dicukur akan tumbuh kembali dalam waktu 7 hari jika kamu memberinya pakan secara rutin.


Tambahan:

1.Pastikan untuk memasukkan kembali hewan ke dalam kandang bila besok turun hujan. Untuk itu tonton TV Ramalan Cuaca setiap hari.
2.Tanam bibit rumput sedikit demi sedikit untuk pakan sapi dan domba.
3.Tidak perlu membeli kayu untuk dijadikan pembatas, dapatkan saja dengan cuma-cuma, caranya dengan membelah ranting kayu yang ada dikebun menggunakan kapak, 1 ranting kayu yang di kapak akan menghasilkan 1 unit kayu, dan jika kamu membelah bongol kayu akan menghasilkan 6 unit kayu. terdapat 9 bongol kayu yang bisa kamu tebang setiap harinya, 2 di Waterfall, 4 di Woodcutters House, dan 3 di Base of Mother's Hill.
4.Jika kamu sudah memiliki cukup uang dan kayu segeralah untuk mengupgrade kandang hewan ternak agar bisa menambah jumlah hewan ternak.
5.Tips saya tidak akan berhasil jika kamu tidak menambang untuk mendapatkan uang setiap harinya. jual semua hal yang bisa kamu peroleh dari alam untuk menambah penghasilanmu.

9 komentar:

  1. Kalau kita taruh hewan ternak diluar, pembatas/pagar dari batu atau bonggol kayu apa aman menjaga hewan dr anjing liar? Kalau ranting gmn?

    ReplyDelete
  2. pilihan paling aman tentu menggunakan kayu, menggunakan batu juga tidak apa-apa tapi ini tidak lebih baik daripada kayu, dan sangat tidak di saran kan untuk menggunakan ranting sebagai pembatas karena ini benar-benar tidak aman.

    ReplyDelete
  3. Kalo sapi atau domba dibiarin diluar sampe besok paginya lagi, gimana tuh? Cuaca cerah pastinya..

    ReplyDelete
  4. gpp sapi sama domba dibiarin diluar sampai pagi aman kok asal cuaca cerah. kecil kemungkinan hati sapi dan domba akan berkurang karena anjing liar.

    ReplyDelete
  5. pagar nya pakai kayu aja pake batu dihitung sampah soalnya

    ReplyDelete
  6. benar sekali. menggunakan batu sebagai pagar memang terlihat menarik tapi, kekurangannya ya itu dihitung sebagai sampah.

    ReplyDelete
  7. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan E-Money untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  8. Malasnya menyimpan hewan ternak diluar adalah waktu berjalan lebih cepat, kalau mengurus didalam kandang waktu berhenti berjalan jadi kita masih punya waktu untuk mengurus hal lain

    ReplyDelete

 
Top