All About Harvest Moon: Back to Nature

Saturday 10 March 2018

Harvest Moon: Back to Nature/Alat

Kamu akan memulai permainan Harvest Moon: Back To Nature dengan lima alat utama, yaitu palu, cangkul, kapak, sabit, dan penyiram. Sisanya kamu harus membelinya di toko.

Lima alat utama ini bisa kamu naikkan levelnya. Terdapat lima level untuk masing-masing alat ini, yaitu normal, tembaga, perak, emas, dan mystrile. Kamu bisa lihat presentase dari ke lima alat ini di menu start untuk mengetahui apakah alat tersebut sudah bisa di naikkan levelnya atau belum. Semakin sering kamu menggunakan sebuah alat, maka persentase alat yang digunakan semakin cepat meningkat.


Jika kamu sering menggunakan palu maka presentase akan cepat meningkat, dan jika presentase sebuah alat menunjukkan 100% artinya alat sudah bisa di naikkan levelnya. Kamu bisa membawa alat ini ke pandai besi Saibara bersama dengan bijihnya dan sejumlah uang untuk di naikkan levelnya. Kamu bisa mendapatkan bijih tembaga, perak, emas, dan mystrile ini dengan menambang di goa.

Menaikkan level alat harus sesuai antara presentase daya alat dengan bijih yang digunakan. 100% menggunakan bijih tembaga, 200% menggunakan bijih perak, 300% menggunakan emas, dan 400% menggunakan mystrile.

Kamu bisa melewatkan level tembaga, perak, dan emas, langsung menuju level mystrile dengan cara meningkatkan daya alat presentase menjadi 400% dan kemudian mengupgradenya dengan bijih mystrile ke pandai besi, maka dia akan menaikkan level max pada alat ini. Dengan cara ini kamu bisa sedikit lebih menghemat uangmu.

Pada level normal, alatmu saat ini tidak akan bisa menghancurkan batu besar, menghancurkan bongol kayu, memotong rumput, membajak tanah, dan menyiram tanaman dengan ruang cangkup yang luas. Kamu bisa melakakuan hal tersebut jika peralatan sudah di naikkan levelnya. Kamu hanya bisa menggunakan kekuatan penuh dengan menekan tomol pengguna alat kemudian melepaskannya. Dengan kata lain memberikan tekanan besar untuk alat yang digunakan.

Palu


Palu Normal: hanya bisa menghancurkan batu-batu kecil
Palu Tembaga: bisa menghancurkan batu besar dengan 4 kali percobaan
Palu Perak: bisa menghancurkan batu besar dengan 3 kali percobaan, dan bisa menghancurkan batu besar tidak jelas dengan 5 kali percobaan
Palu Emas: bisa menghancurkan batu besar dengan 1 kali percobaan, dan bisa menghancurkan batu besar tidak jelas dengan 3 kali percobaan
Palu Mystrile: bisa menghancurkan batu besar dan batu besar tidak jelas dengan sekali percobaan

Cangkul


Cangkul Normal: hanya bisa membajak 1 petak tanah
Cangkul Tembaga: bisa membajak 2 petak tanah sekaligus
Cangkul Perak: bisa membajak 3 petak tanah sekaligus
Cangkul Emas: bisa membajak 4 petak tanah sekaligus
Cangkul Mystrile: bisa langsung membajak 6 petak tanah sekaligus

Kapak


Kapak Normal: hanya bisa memotong cabang pohon
Kapak Tembaga: bisa memotong bongol pohon dalam 6 kali percobaan
Kapak Perak: bisa memotong bongol pohon dalam 3 kali percobaan
Kapak Emas: bisa memotong bongol pohon dalam 2 kali percobaan
Kapak Mystrile: bisa langsung memotong bongol pohon dalam 1 kali percobaan

Penyiram


Penyiram Normal: hanya bisa menyiram 1 bidang tanah
Penyiram Tembaga: bisa menyiram area seluas 1 x 3 petak tanah
Penyiram Perak: bisa menyiram area seluas 2 x 3 petak tanah
Penyiram Emas: bisa menyiram area seluas 3 x 3 petak tanah
Penyiram Mystrile: bisa menyiram area seluas 5 x 3 petak tanah

Keterangan: semua jenis penyiram memiliki penyimpanan air sebanyak 100 unit (maksimum) dan akan kehilangan air/unit sesuai berapa petak tanah yang disiram.

Sabit


Sabit Normal: hanya bisa memotong 1 rumput
Sabit Tembaga: bisa memotong rumput dengan luas area 1 x 3 sekaligus
Sabit Perak: bisa memotong rumput dengan luas area 2 x 3 sekaligus
Sabit Emas: bisa memotong rumput dengan luas area 3 x 3 sekaligus
Sabit Mystrile: bisa memotong rumput dengan luas area 5 x 5 sekaligus

Selain lima alat utama di atas, kamu juga bisa membeli atau memperoleh lima alat tambahan, yaitu:

Fishing Road dan Fishing Pole (pancingan)


Fishing Road (pancingan kecil) bisa kamu dapatkan dengan cara pergi ke pantai pada hari sabtu atau minggu pukul 8:00 am - 10:00 am. Bicaralah pada Greg, dia berada di dermaga dekat kapal besar disana. Dia akan bertanya apakah kamu mau memancing, maka pilihlah ya, dengan begitu kamu akan diberikan pancingan olehnya.

Fishing Pole (pancingan besar) bisa kamu dapatkan jika kamu sudah memiliki 50 ekor ikan di dalam kolam yang ada dikebunmu. Pada saat itu Greg akan datang ke perkebunanmu untuk melihat kolam ikan tersebut dan memberikanmu pancingan besar. Bicaralah dengannya untuk mendapatkan pancingan tersebut.

Keterangan: pastikan untuk mengosongkan satu slot alat pada ranselmu untuk mendapatkan kedua pancingan ini. Dan untuk pancingan besar, pastikan sebelum berbicara dan mendapatkan pancingan dari Greg, kamu tidak pergi meninggalkan area perkebunanmu atau masuk kembali ke dalam rumah karena ini akan membuat kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan pancingan besar.

Baca juga: Cara Mendapatkan Fishing Road dan Fishing Pole (pancingan)
Baca juga: Tips dan Tempat Memancing yang Banyak Ikannya
Baca juga: Tempat dan Cara Mendapatkan ke-6 Ikan Legendaris

Sikat


Kamu bisa membeli sikat di tempat saibara seharga 800g. Sikat digunakan untuk menyikat kuda, sapi, dan domba. Menyikat bisa meningkatkan kasih sayang hewan.

Bel


Kamu bisa membeli bel di yodel ranch seharga 500g. Bel digunakan untuk memanggil atau menggiring sapi dan domba. Ketika kamu membunyikan bel, semua sapi dan domba akan menuju ke arahmu.

Pemerah


Kamu bisa membeli pemerah di tempat saibara seharga 2.000g. Pemerah digunakan untuk memerah susu sapi dewasa.

Gunting


Kamu bisa membeli gunting di tempat saibara seharga 1.800g. Gunting digunakan untuk mencukur bulu domba.

MESIN PEMBUAT

Selain alat ada juga tiga jenis mesin pembuat, yaitu mesin pembuat mayones (Mayonnaise Maker), mesin pembuat keju (Cheese Maker), dan mesin pembuat benang (Yarn Ball Maker). Untuk membuat tiga mesin ini yang kamu butuhkan adalah bijih adamantite dan sejumlah uang. Saibara adalah orang yang akan membuatkan ketiga mesin ini.

Baca selengkapnya: Cara Membuat Mayonnaise Maker, Cheese Maker, dan Yarn Ball Maker

Mesin Pembuat Mayones


Lemparkan telur ke dalam mesin mayones untuk mengubahnya menjadi mayones. Kamu akan mendapatkan mayones yang lebih baik tergantung kualitas telur yang di pakai.

Mesin Pembuat Mayones baru bisa di buat jika kandang ayam sudah di upgrade. Pembuatan mesin ini memerlukan bijih adamantite ditambah 20.000g dan akan memakan waktu 5 hari untuk pengerjaannya.

Mesin Pembuat Keju


Lemparkan susu ke dalam mesin keju untuk mengubahnya menjadi keju. Kamu akan mendapatkan keju dengan jumlah yang berbeda sesuai jumlah susu yang di pakai. S/M/L adalah jumlah yang terdapat pada susu.

Mesin Pembuat Keju baru bisa di buat jika kandang ternak sudah di upgrade. Pembuatan mesin ini memerlukan bijih adamantite ditambah 20.000g dan akan memakan waktu 5 hari untuk pengerjaannya.

Mesin Pembuat Benang


Lemparkan bulu domba ke dalam mesin benang untuk mengubahnya menjadi bola benang. Kamu akan mendapatkan benang dengan kualitas yang berbebeda tergantung bulu domba yang di pakai.

Mesin Pembuat Benang baru bisa di buat jika kandang ternak sudah di upgrade. Pembuatan mesin ini memerlukan bijih adamantite ditambah 20.000g dan akan memakan waktu 5 hari untuk pengerjaannya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top