All About Harvest Moon: Back to Nature

Friday 8 June 2018

Event Pemicu Pernikahan (Ann&Cliff, Elli&Doctor, Karen&Rick, Mary&Gray, dan Popuri&Kai) Harvest Moon: Back to Nature

Menikah merupakan salah satu tujuan dalam permainan Harvest Moon: Back to Nature. Tapi apa kamu tahu, kalau sebenarnya tidak hanya kamu saja yang bisa menikah melainkan semua karakter perempuan (Ann, Elli, Karen, Mary, Popuri) dan laki-laki (Cliff, Doctor Tim, Rick, Gray, Kai) juga bisa menikah dalam permainan ini.

Di tahun ke tiga nanti akan ada Event Pernikahan dimana nanti masing-masingnya adalah Ann&Cliff, Elli&Doctor Tim, Karen&Rick, Mary&Gray, dan Popuri&Kai. Jika kamu menikahi salah satu gadis yang ada dalam permainan Harvest Moon: Back to Nature maka akan ada satu karakter laki-laki yang tidak akan menikah nantinya.

Event Pernikahan ini sendiri tidak bisa kamu dapatkan dengan cuma-cuma. Kamu bisa melihat masing-masing pernikahan mereka tergantung apakah kamu di undang atau tidak.

Ada cara tertentu untuk bisa mendapatkan undangan Event Pernikahan ini, yaitu dengan cara memancing atau mendapatkan Event Pemicu Pernikahan terlebih dulu sebelum akhirnya memasuki tahun ke tiga. Berikut ini adalah Event Pemicu Pernikahan yang harus kamu dapati jika ingin di undang dan melihat pernikahan mereka:


Event Pemicu Pernikahan di Harvest Moon: Back to Nature

1.Ann&Cliff


>Event 1 - Perkenalan dengan Ann, pertama kali masuk The Inn. Kamu akan disambut oleh Ann. Kamu lalu menghampiri Doug. Dia memberi tahu kalau Ann adalah anaknya dan bertanya kepadamu bagaimana menurutmu. Akan ada dua pilihan yaitu "Terlihat riang" dan "Dia lucu". Pilih "Dia lucu" maka Doug akan senang mendengarnya. Ann kemudian menghampiri kalian dan bertanya sedang membicarakan apa dan lalu memperkenalkan dirinya kepadamu.

>Event 2 - Ann memberikan makanan kepada Pastor Carter, pergi ke gereja pada waktu siang hari saat Cliff ada di sana, maka kamu akan melihat Ann membawakan makanan untuk Pastor Carter dan lalu mengajak Cliff pulang bersama tetapi menolak.

>Event 3 - Ann bertanya kepada Cliff (Makan Siang Spesial), Kunjungi The Inn pada waktu siang hari saat Cliff ada di sana. Kamu akan melihat Ann membuatkannya Makan Siang Spesial. Ann lalu bertanya mengapa Cliff selalu diam di sini dalam waktu yang lama. Kemudian Ann merasa tak seharusnya dia menanyakan itu dan kemudian pergi untuk mencuci piring. Tepat sebelum Ann akan pergi Cliff mengatakan terima kasih untuk makan siang nya yang membuat Ann tersipu malu.

>Event 4 - Ann Bertanya Berapa Lama Cliff Akan Tinggal Di Desa, Kunjungi The Inn pada saat Cliff ada di sana. Kamu akan melihat Ann bertanya kepada Cliff sampai kapan dia tinggal di sini. Tetapi Cliff belum memutuskan. Ann kemudian menyuruhnya untuk tinggal selamanya. Setelah percakapan singkat Cliff tampak agak murung tentang ini (seperti dia sedang memikirkan sesuatu) dan kemudian pergi.

>Event 5 - Cliff Bekerja Di Aja Winery, pada saat musim Fall (tanggal 14) ketika kamu ditawari pekerjaan oleh Duke. Dia akan meminta kamu mencarikan satu orang lagi untuk bekerja dengannya. Pergi temui Cliff dan bicara dengannya maka akan ada pilihan yaitu "Katakan tentang pekerjaan" dan "Biarkan". Pilih "Katakan tentang pekerjaan" maka Cliff akan senang dan setuju untuk itu.

>Event 6 - Ann Membawakan Makan Siang Cliff, setelah Cliff mendapat pekerjaan, pergi ke Aja Winery pada waktu siang hari saat dia sedang bekerja di sana untuk melihat Ann membawakannya makanan untuknya. Setelah percakapan singkat Ann pergi.

>Final Event: Doug Menanyakan Keseriusan Cliff terhadap Ann, Kunjungi The Inn pada waktu siang siang hari saat Cliff berada di sana. Kamu akan melihat Doug menanyakan keseriusan Cliff terhadap Ann. Cliff pun akhirnya mengakatakan kepadanya kalau dia menyukai Ann tetapi tidak tahu apa yang dipikirkan Ann terhadapnya. Doug kemudian pergi untuk membicarakan itu dengan Ann.

>Last Event: Pernikahan Cliff & Ann, 19 Spring Tahun ke-3 Cliff akan datang kerumahmu memberi tahu kalau dia akan menikahi Ann dan lalu mengundangmu untuk hadir ke acara pernikahannya tersebut. Kamu otomatis sudah akan berada di gereja untuk menghadiri acara pernikahan mereka.

2.Elli&Doctor Tim


>Event 1 - Perkenalan dengan Elli, pertama kali masuk klinik Elli akan melihat kalau kamu terluka dan bertanya apakah itu sakit. Akan ada dua pilihan yaitu "Itu tak sakit" dan "Sakit sekali". Jika kamu memilih "Itu tak sakit" respon Elli akan baik. Jika kamu memilih "Sakit sekali" respon Elli terlihat begitu tak senang dan kemudian memberikanmu Perban. Dengan memilih Sakit sekali dan mendapatkan perban, maka kamu akan mendapat Event tambahan. Sekarang pergilah ke depan rumah Elli. Di sana kamu akan bertemu Stu sedang menangis. Bicaralah dengan Stu dan berikan perban tersebut, maka Stu akan berterima kasih dan memperkenalkan dirinya kepadamu. Elli kemudian muncul dan bertanya ada apa lalu melihat perban yang dipakai Stu membuatnya bertanya kepadamu mengapa kamu tidak memakainya. Akan ada dua pilihan "Karena tak apa-apa" dan "Karena kudapat dari kamu". Pilihan keduanya akan membuat Elli senang dan memberi tahu kalau Stu adalah adiknya. Akan tetapi pilihan "Karena tak apa-apa" memiliki respon yang lebih memperlihatkan kalau Elli begitu senang.

>Event 2 - Membicarakan Bayi, kunjungi klinik untuk melihat Elli dan Doctor sedang membicarakan bayi. Doctor kemudian mengatakan kepada Elli kalau dia akan jadi ibu yang baik (Elli terkejut.)

>Event 3 - Elli Sakit Batuk, kunjungi klinik untuk melihat Elli sepertinya terkena flu dan Doctor menyarankannya untuk beristirahat. Dia menyuruh Elli untuk jangan terlalu memaksakan dirinya. Mendengar itu dari Doctor, membuat Elli tersipu malu lalu berterima kasih.

>Event 4 - Dokter Ingin Pergi, pergi ke pantai pada waktu pagi hari untuk melihat Elli dan Doctor sedang membicarakan tentang orang-orang yang kebanyakan datang ke klinik untuk melahirkan. Doctor merasa kalau dirinya seharusnya tidak membuka klinik ini. Elli kemudian bertanya-tanya pada dirinya sendiri kalau Doctor tak berencana untuk pergi bukan.

>Event 5 - Pengakuan Doctor Kepada Pastor, pergi ke gereja untuk mendengar pangakuan Doctor di dalam ruang pengakuan di dalam gereja. Mengingat banyaknya orang yang datang ke klinik untuk melahirkan, Doctor merasa dirinya tidak banyak membantu dan membebankan semuanya kepada Elli. (Doctor menyalahkan dirinya sendiri atas ketidakmampuan dan kurangnya pengalaman untuk itu.) Pastor kemudian memberikannya masukkan untuk itu. Doctor kemudian keluar dari ruang pengakuan dan bertanya kepadamu kau dengar itu dan lalu meminta kamu untuk tidak mengatakannya kepada siapapun.

>Final Event: Keputusan Doctor, Spring Tahun ke-3 kunjungi klinik untuk melihat Doctor dan Elli sedang dalam percakapan yang cukup serius. Dia mengatakan kalau dirinya tidak bisa memutuskan akan pergi atau jangan. Doctor merasa dirinya harus kembali ke kota untuk belajar lagi dan jadi dokter yang lebih baik. Tetapi dia lebih memilih untuk tetap tinggal di desa karena dia menyukai desa ini dan ingin membantu para penduduk. Doctor kemudian meminta bantuan Elli untuk belajar lebih banyak darinya dan berharap mereka bisa menjalankan klinik ini bersama-sama.

>Last Event: Pernikahan Doctor & Elli, 1 minggu setelah acara sebelumnya, Doctor akan datang kerumahmu untuk memberi tahu kamu kalau dirinya sudah memutuskan untuk menikah dengan Elli dan mereka akan menjalankan klinik itu bersama. Kamu akan otomatis sudah berada di gereja untuk menghadiri pernikahan mereka.

3.Karen&Rick


>Event 1 - Perkenalan dengan Karen, pertama kali masuk supermarket kamu akan melihat Doctor mengutang pada Jeff. Setelah Doctor pergi, Sasa keluar untuk memarahi Jeff dan lalu ke klinik untuk meminta uangnya kepada Doctor. Setelah Sasa pergi, Duke datang untuk mengambil barang dan meminta Jeff untuk menuliskan dalam tagihannya. Duke kemudian bicara kepadamu dan bertanya apakah ada yang salah. Akan ada dua pilihan "Tak apa." dan "Bayar yang tadi". Pilih "Bayar yang tadi" maka Karen akan keluar dan menyuruh Duke untuk membayar itu. Karen kemudian menghampirimu, dia berterima kasih dan memperkenalkan dirinya kepadamu.

>Event 2 - Menjelajah hutan, pergi ke belakang gereja pada waktu siang hari untuk menemukan Karen dan Rick sedang membicarakan tentang pertama kali Pastor Carter datang ke desa dan mereka bersenang-senang menjelajahi hutan. Mereka berdua kemudian ke hutan untuk merayakannya.

>Event 3 - Berbicara tentang Kai, pergilah ke Poultry Farm untuk melihat Rick dan Karen sedang membicarakan Kai. Rick menganggap kalau Karen berada di pihak Kai dan menyuruhnya untuk pergi saja dengannya kalau begitu. Karen lalu mengatakan kalau Rick bodoh sebelum akhirnya dia pergi.

>Event 4 - Karen Mengkhawatirkan Lillia, pergilah ke Poultry Farm untuk menemukan Karen sedang mencari Rick tetapi dia sedang tidak ada di sana. Karen tampak begitu perhatian kepada Lillia membuatnya bertanya-tanya bagaimana kalau Karen jadi anaknya saja dan mengatakan jika saja Karen menikahi Rick, otomatis Karen akan menjadi anaknya.

>Event 5 - Karen Tidak Bisa Pulang Ke Rumah, pergi ke area supermarket untuk melihat Karen tidak bisa pulang kerumahnya. Dia malu melihat ayah dan ibunya sedang bermesraan di dalam. Rick kemudian mengajak Karen main ke rumahnya sampai orang tua Karen selesai di sana.

>Final Event: Rick Malas Bekerja, di tahun ke-3 Popuri harus sudah menikah denganmu atau dibawa pergi oleh Kai. Pergi ke Poultry Farm untuk melihat Gotz dan Mayor Thomas bicara tentang Rick. Rick tidak lagi mau melakukan pekerjaannya karena Popuri sudah tidak lagi bersamanya. Karen mencoba bicara dengan Rick. Rick kemudian mengatakan kalau orang yang paling dia sukai itu Karen, setelah itu baru Popuri dan juga Lillia. Mendengar hal itu membuat Karen memutuskan akan membantu Rick melakukan pekerjaannya. Kemudian dia masuk ke dalam.

>Last Event: Pernikahan Rick & Karen, 1 minngu setelah acara sebelumnya, Popuri dan Rick akan datang kerumahmu untuk memberi tahu kamu kalau Rick dan Karen akan jadi suami istri. Rick kemudian meminta kalian berdua untuk hadir di acara pernikahannya. Kamu akan otomatis berada di gereja untuk menghadiri acara pernikahan mereka.


4.Mary&Gray


>Event 1 - Perkenalan dengan Mary, pertama kali masuk perpustakaan, Mary akan bertanya apakah kamu mau membaca. Akan ada dua pilihan yaitu "Mau membaca" dan "Hanya singgah". Pilih "Mau membaca" maka dia akan senang mendengarnya.

>Event 2 - Pertemuan Mary dan Gray, pergi ke balai desa maka kamu akan melihat Mary dan Gray sedang membicarakan banyak hal tentang masalah pekerjaan, masa lalu, dan dari mana mereka tinggal sebelumnya.

>Event 3 - Buku yang Di Baca Gray, pergi ke perpustakaan pada waktu sore hari untuk melihat Gray dan Mary sedang membicarakan tentang buku yang dibaca oleh Gray. Mary meminta pendapat Gray tentang buku tersebut. Gray mengatakan kalau buku itu bagus dan dia menyukainya. Setelah percakapan singkat Gray pun pulang.

>Event 4 - Gray Membuat Palu, 1 Fall Tahun 1 ketika kamu bangun Gray akan ada di dalam rumahmu dan meminta ijin menggunakan kincir angin milikmu. Keesokan harinya Gray akan datang lagi dan dia sudah membersihkan ladangmu dari gulma. Lalu pada tanggal 4 ketika kamu bangun, Gray memanggilmu untuk keluar. Dia membuat palunya sendiri dan meminta kamu untuk mencobanya akan tetapi langsung hancur dalam percobaan pertama. Gray tampak kecewa lalu pergi tanpa berkata apapun. Sebelum benar-benar pergi ternyata Mary juga ada di sana melihat semuanya. Mereka berdua kemudian pergi. Sekarang pergilah ke balai desa untuk menemukan mereka. Di sana Mary akan menyemangati Gray.

>Event 5 - Gray Terkena Luka Bakar, kunjungi rumah Saibara untuk menemukan Mary berada di sana. Mary tampaknya mengkhawatirkan keadaan Gray. Saibara kemudian mengambilkan salep untuk mengobati luka Gray.

>Event 6 - Marry Menulis Novel Tentang Gray, kunjungi perpustakaan untuk melihat Gray membaca novel buatan Marry. Gray tidak sadar jika yang ditulis Marry adalah tentangnya.

>Final Event: Event Gray melamar Mary, spring tahun ke-3 pergilah ke perpustakaan, maka kamu akan melihat Gray yang mau melamar Mary.

>Last Event: Pernikahan Gray & Marry, 1 minggu setelah acara sebelumnya Gray akan datang ke rumahmu memberi tahu kamu bahwa dia dan Mary akan menikah hari ini. Dia juga mengundangmu untuk hadir ke acara pernikahannya. Kamu akan otomatis berada di gereja untuk menghadiri acara pernikahan tersebut.

5.Popuri&Kai


>Event 1 - Perkenalan dengan Popuri, pertama kali ke Poultry Farm kamu akan melihat Popuri bertengkar dengan Rick lalu pergi. Bicaralah dengan Rick, kemudian pergilah ke pemandian air panas (hot spring) untuk bertemu dengan Popuri. Akan ada pilihan nanti, pilihlah "Aku simpati (My sympathies)".

>Event 2 - Perkenalan dengan Kai, pada saat tanggal 30 Spring pergilah ke depan rumah Manna dan Duke (Pemilik kebun anggur). Di sana kamu akan melihat Popuri dan May sedang berbicara dengan seseorang bernama Kai. Setelah Popuri dan May pergi, Kai menghampirimu dan lalu memperkenalkan dirinya kepadamu.

>Event 3 - Pertengkaran Rick, Kai dan Popuri, memasuki awal musim Summer pergilah ke Poultry Farm, maka kamu akan melihat Kai mencoba mengunjungi Popuri tetapi Rick tak mengijinkannya masuk. Popuri lalu keluar rumah dan memihak kepada Kai.

>Event 4 - Popuri Menginginkan Kai Untuk Tetap Tinggal Di Desa, Summer Tahun ke-2 pergilah ke pantai pada waktu siang hari. Di sana, kamu akan melihat Popuri sedang bicara dengan Kai. Popuri bertanya pada Kai mengapa dia tidak tinggal di desa setahun penuh dan itu karena Kai suka tempat hangat dan benci tempat dingin.

>Event 5 - Popuri Ingin Meninggalkan Desa (Pertengkaran Kai & Popuri), setelah mendapatkan Event 4 pergi ke pantai untuk yang kedua kalinya untuk melihat Popuri sedang bicara dengan Kai. Kai bertanya kepadanya apakah dia ingin tinggal di desa untuk selamanya. Popuri kemudian mengatakan itu tak mungkin dan akan pergi suatu hari. Setelah percakapan singkat Kai menegaskan kepada Popuri kalau keinginannya untuk pergi dari desa tidaklah serius dan itu membuat Popuri marah.

>Event 6 - Popuri Ingin Meninggalkan Desa (Pertengkaran Kai & Popuri) Bagian 2, keesokan harinya setelah mendapatkan Event 5 pergi ke pantai sekali lagi untuk melihat Kai meminta maaf karena sudah mengatakan hal buruk sebelumnya (Acara yang lalu). Kai lalu mengatakan kalau Popuri harus tetap tinggal di desa ini dan tinggal dengan Rick dan Lillia. Akan tetapi, itu tidak berjalan baik dan membuat Popuri semakin kesal. Popuri menganggap kalau itu tidak adil saat Kai harus pergi dari desa saat Summer berakhir, sedangkan dia menyuruh Popuri untuk tetap tinggal.

>Event 7 - Melihat Festival Kembang Api Bersama Kai, bicaralah dengan Kai pada tanggal 23 Summer untuk mengajaknya pergi melihat festival kembang api. Keesokan harinya pada saat tanggal 24 Summer pergilah ke balai kota pukul 6 sore untuk melihat Kai sedang berbicara dengan Popuri. Popuri tak menyangka Kai akan menghadari acara festival di desa ini. Kai kemudian mengatakan dia telah membuat janji dengan seseorang dan itu membuat Popuri cemburu. Kamu kemudian datang dan membuat Popuri senang mengetahui kalau orang yang akan pergi melihat festival kembang api bersama Kai ternyata adalah kamu. Rick kemudian datang dan menyuruh Kai menjauh dari Popuri. Setelah itu kamu dan Kai pergi ke gunung melihat kembang api.

>Final Event: Popuri dibawa kabur Kai, 1 Fall Tahun ke-2 Kai akan datang kerumahmu untuk memberi tahu kalau dia akan pergi hari ini sampai tahun depan. Tepat sebelum dia pergi, dia juga mengatakan akan membawa Popuri dengannya. Setelah Kai pergi, Rick lalu datang dan bertanya apa kamu melihat Popuri karena seharian Rick tidak melihatnya. Akan ada pilihan, yaitu "Tell him about Kai. (Beritahu tentang Kai.)" dan "Keep silent. (Tetap diam.)" Karena kita ingin melihat Event Pernikahan antara Popuri dan Kai maka pilih "Keep silent. (Tetap diam.)" agar Kai membawa pergi Popuri bersamanya. Jika kamu memilih "Tell him about Kai. (Beritahu tentang Kai.)" Rick akan menemui Popuri di pantai dan membawanya pulang.

>Last Event: Pernikahan Popuri & Kai, 30 Spring Tahun ke-3 Kai datang kerumahmu memberi tahu kalau dia akan menikah dengan Popuri. Setelah itu kamu akan otomatis sudah berada di gereja untuk menghadiri pernikahan tersebut.

88 komentar:

  1. Mau tanya klo utk pemicu itu bisa ga bila semua gadis hatinya udh merah? Atau ga boleh deketin gadis2 yg ingin dipicu nikahnya? Terus kalo ga dpt pemicu nya gmn gan? Dan taunya mereka udh nikah darimana? Thanks

    ReplyDelete
  2. tidak bisa karena ada beberapa kejadian yang hanya bisa didapatkan saat hati tidak merah. di akhir tahun ke tiga kunjungi rumah masing-masing dari laki-lakinya untuk melihat gadis yang sudah menikah atau belum. kalau sudah menikah gadis akan tinggal bersama di rumahnya

    ReplyDelete
  3. mnarik, saya udh dpet smua event itu, tpi stuck, ga dpet2 saat undangan nikahnya, mngkn krena hati smua gadis gw buat merah (pke cheat) ...
    btw lucuna kai udh bawa popuri ke kota, gw skrng taon ke empat, spring, apkh mereka akn married in summer..?! krena liat semua kjdian dpet smua event2 yg di sebutin, tpi saat undangan nikahna ga trjdi2, mnrikna koq maw popuri yg hati merah setuju kabur ama kai..?!
    so let’s see in summer, soon..
    btw i’m married with mary..
    so all event nyangkut kai-popuri,rick-karen,ann-clifft dpet smua, kcuali nyangkut gary XD , hnya satu yg kurang nikahna, ga trjadi2...
    mybe coz hati smua mreka merah..?!
    ttp prtnyaan gw, why popuri hati merah setuju kabur ama kai ?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg nikah si Popuri ko nt ga terima kwwkk, emang kalau hati udah merah otmotis ga dpt event karena para gadis udh cinta sm karakter kita jd gbkl kenal dekat sm pasangny. Sedangkan event pemicu itu bertujuan untuk saling mendekatkan gadis dengan pasangan jd wajar aja lah! Nah kenapa hati merah tp tahun ketiga nikah jg sm kai? Jawabny ya karena kita dikasih waktu batas akhir smpe tahun ketiga. Sedangkan kita smpe tahun ketiga kita belum nikahin itu gadis ya mereka nikah dluan lah.. emang cinta harus nunggu apa hahaha

      Delete
  4. jangan gunakan cheat, dan apakah kamu sudah berteman baik dengan laki-laki dari pasangan gadis tersebut? jika kamu hanya berteman dengan si gadis tentu saja tidak akan mendapat undangan karena yang mengundangmu adalah pasangan si gadis. dan kenapa popuri hatinya merah setuju kabur ama kai memang seperti itu, tidak hanya popuri gadis lainnya juga akan tetap menikah dengan laki-laki yang mereka suka jika sudah tahun ke tiga

    ReplyDelete
  5. iya bner, hati merah, yg jadi ganjalan..
    gw turunin hati, prtama gw coba si Ann, gw kasih rumput liar ampe kuning, bbrapa hari kemudian, sech cliff undang gw nikah, next kykna si ellie gw coba turunin XD

    ReplyDelete
  6. Udah tahun ke 4 apa masih bisa ngelakuin event ini?

    ReplyDelete
  7. Gw udh THN ke 7 GK ada pernikahan kecuali KAI sama popuri hoax event udh gw dapetin semua tapi nol besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua Event pernikahan hanya akan terjadi di tahun ketiga, karena itu event pemicu pernikahan harus didapatkan sebelum tahun ketiga. Event pernikahan juga tidak akan muncul kalau kamu bermain menggunakan cheat karena ada beberapa event yang hanya bisa didapatkan pada saat parameter hati tidak penuh maksimal.

      Delete
  8. Event harapan Popuri yg dipantai cara mendapatkanny gmna?

    Ko aku g dpet di summertahun pertama. Udah muter2 pantai jam segitu ttep g dpet. Apa ada syaratnya? Jwb please

    Reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati minimal hijau dan kunjungi pantai selama periode waktu tanggal 8-14 kalau masih ga dapat juga coba ditahun kedua

      Delete
  9. Popuriku d tikung.... Bjingan kai -_-

    ReplyDelete
  10. Kalau kita udah nikah duluan apakah event tersebut masih ada atau dtidak??

    ReplyDelete
  11. Bang mau nanya, gimana cara ngeluarin kuda yg kejebak. Kudaku kejebak di kandang ditmpt minum,gbsa keluar gabsa dinaikin. Udh nunggu sampe event balap kuda. Slse balap kuda dibalikin ttep posisinya kejebak. Plis tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dorong kuda atau panggil kuda dengan cara bersiul. Kalau boleh tahu, main di ps atau emulator?

      Delete
    2. Tiap hari say siulin ngab, ttep gabisa. Dia cuma stuck di sebrang tempat minum. Kejebak
      Main di emulator ngab. Duh gimana :(

      Delete
    3. Emulator ya ngab, susah juga. Coba ganti file iso yang baru, download di tempat yang berbeda dari sebelumnya. Kalo masih stuck juga, satu-satunya cara ya buat agar kuda kamu diambil kembali Barley, terus dapetin kuda yang baru.

      Delete
    4. Kudaku udah juara, apa bisa diambil barley? Trus kalo kuda gabisa tukar hewan ya?

      Delete
    5. Hmm, gaada salahnya kan di coba. Btw, ko bisa-bisaan ya kuda kejebak.

      Delete
  12. Iya gue jg heran,mo ngulang lagi dah bosen. Ajig lah

    ReplyDelete
  13. Bang gue may nanya kenapa, harvest Moon gua tiba tiba EROR pas ke gue mau ke pantai,Hari itu pas Ada event barley yg bilang kalau may menghilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena kamu menggunakan Versi Bahasa Indonesia. Khusus untuk Event May Menghilang harus menggunakan Versi Bahasa Inggris. Entah kenapa event may menghilang tidak bisa didapatkan jika menggunakan versi bahasa Indonesia. Di pantai kamu akan menemukan May lalu mendengarkan cerita tentang ibunya.

      Delete
  14. Nah ini yg gw maksud event tahun ke-2 atau tahun berikutnya,karena hampir semua event ini gw dapat di tahun ke-2 kek popuri dibawa lari si Kai ke kota ama si Gray yang kena luka bakar

    Btw ,ini eventnya waktu munculnya bebas ngk tergantung musim?

    ReplyDelete
  15. Min kalo hati Popuri udh merah(no cheat) apakah event Popuri dibawa kabur Kai masih ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada, tapi kemungkinan event mereka menikahnya yang gaada. Diturunin aja sampai setidaknya warna kuning buat jaga-jaga.

      Delete
  16. Min..jd buat dptin event itu hati perempuan harus warna apa minimal?hijauin semua kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk event pemicu pernikahan ini sebenarnya acara khusus antara masing-masing pasangan artinya kamu tidak benar-benar terlibat di dalamnya, jadi hati tidak begitu berpengaruh tetapi urutan mendapatkan event inilah yang sangat berpengaruh:
      -Event 1-4 rata-rata bisa kamu dapetin tahun pertama.
      -Event 4-6 rata-rata bisa kamu dapetin di tahun kedua.
      -Event 6-8 didapetin di tahun ketiga.

      Delete
  17. Min mauu nanya, itu yg event ke-3 ann sama cliff, nama cyril itu siapa?

    ReplyDelete
  18. Minn pen nanya, knpa event ke-3 marry&gray ngk dpet2 min?, udah tahun ke-2 aku mainnya... aku ngk dpet event gray bikin palu soalx pas summer thun 1 smua bangunan udh di upgrape.... msih bisa dpet ngk event ketiganya mary sma gray?

    Pdhal smuanya kecuali mary sma gray tinggl nunggu tahun ke-3 buat kawin...tpi eventnya gray gk dpet2, tiap hari dicek jga ngk dpet2...gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih Gray hadiah kesukaan untuk memicunya. Masih bisa atau tidaknya saya kurang yakin tapi kemungkinan bisa. Karena ada juga yang dapet event ke-3 mereka di tahun ke-2 musim spring. Terus, kalau Mary hatinya merah, coba diturunin dulu sampai ke biru.

      Delete
  19. Min ini pertanyaan serius . Kalau kita udh nyaksiin mereka semua nikah dan kita sendiri nahan buat ga nikah . Apa kita bisa nikah sama cwe lain selain 5 cwe itu . Misalnya sama Harvest goddess, anak nya Manna . Mungkin Mary (tanpa cheat? Jawab min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada lagi yang bisa diajak nikah selain 5 gadis itu. Contoh harvest goddess, kita cuma bisa ketemu dia kalo lempar sayur dan langsung mulai percakapan terus pergi lagi. Jadi, gimana cara nunjukkin bulu birunya. Terus anak Manna (Aja), dia gk akan kembali lagi ke desa, setidaknya sampe sekarang blm ada bukti valid dia kembali. Semisalnya kembali juga kan Haris suka sama dia, bahkan Manna dan Duke seneng pas mengetahui itu. Mary?? Mungkin maksud kamu May. May gk akan dewasa sampe kapan pun. Udah jadi bagian cerita kalau dia itu menjadi satu2nya anak kecil perempuan di desa, dan dipasangkan dengan Stu sebagai temannya.

      Delete
    2. ya maksud saya itu may . yahh ga bisa nikah selain 5 cwe itu ya , padahal pengen nyaksiin semua pasangan itu nikah . tapi saya juga nikah gitu nantinya , sama siapa kek . sama keturunan kappa jga gapapa wkwk

      Delete
    3. sama Lillia aja gan kasian suaminya jarang pulang ekekek

      Delete
  20. up gan . saya maunya yg masi fresh

    ReplyDelete
  21. maaf mw tanya min, klo misalkan saya udh nikah sama salah satu 5 gadis diyang tahun ke 2,,apakah saya masih bisa liat event pernikahan 4 gadis lainnya sampai tuntas, khawatirnya klo karakter utama saya nikah bakal ga dapet event pemicu pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetp dapet asalkan semua event yang melibatkan si cewek sama sicowok didapetin

      Delete
  22. oia sama mw tanya jg gan, disalah satu event perkenalan mary,spring thn 1, saya ga dapet event yg mary nanya "apa yg kamu tulis" & "saya ingin membaca buku" itu kelewat..soalnya malah saya dapet event nya duluan yg mary ke rmh ngasih buku sama event gray mencoba bikin palu.. apa nanti di thn kedua saya masih bisa nemuin event perkenalan mary yg pertama ? soalnya takut ga kebagian event nikah nya mary sama gray

    ReplyDelete
    Replies
    1. event perkenalan ko bisa kelewat? padahal itu event pertama ketemu. tapi yaudah gpp, kemungkinan masih bisa dapet asalkan hati nya kamu turunin. minimal ke ungu atau biru.

      Delete
  23. Min misalkan popuri sama lain udh nikah nah mereka bakal punya anak ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak gan, jumlah karakter udah tetap gk akan bertambah lagi

      Delete
  24. ia heran sy jg knp bisa kelewat..trus skr sy udh di tahun ke 2 spring udh sy turunin hati mary jd ungu tp tetep aja klo ke perpustakaan ga dapet even mary yg pertama..malah event yg lain muncul yg event gray kebakar tangan nya di rmh saibara,sama event gray ngasihin buku ke mary yg karakter bukunya si gray..nah kira2 sampai situ saya bisa nerusin ke even nikah nya gray mary ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. diliat dari event yang kamu dapetin sampe sekarang sih kayanya masih bisa dapet gan, soalnya event dia berduanya masih berjalan. Tapi saya gak bisa mastiin yah, soalnya gk pernah ngalamin yang sama kaya agan.

      Delete
    2. ok terimakasih banyak ya gan,, mungkin gara2 pas awal main di hari ke 1 hampir semua even perkenalan 5 gadis sama scene awal langsung saya dapetin jd event mary yg ke 1 kelewat..mudah2an aja even nikah nya mary saya bisa liat..sekali lg makasih ya gan

      Delete
    3. Oke sama-sama, semoga berhasil

      Delete
  25. min, misal kita ga ngasih kerja cliff terus cliff pergi dari desa, apakah ann gabisa dinikahin pada tahun 2/3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dinikahin, tapi usahakan cliff jangan sampai pergi soalnya kalo dah pergi gak bakal balik lagi

      Delete
  26. Bang nanya, itu gambar pernikahan gray kok bisa kayak foto berjejeran gitu? Kyk foto resepsi gitu?

    ReplyDelete
  27. Gan mau tanya seandainya kita GK nikah terus menyaksikan ke 5 pasangan itu nikah bisa enggak yah????

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak tau gan, tapi kayanya bisa. Cuma ya itu, kamu gk bisa nikah sama siapa2 jadinya, terus nilai persentasi permainan jadi gk bisa 100% max.

      Delete
  28. ka, mau tanya saya udah di tahun ketiga musim spring tapi ngga dapetin sama sekali event pernikahan Ann, Popuri, Mery< Karen pdhal saya udah dapat event mereka lengkap.. Terus untuk meningkatkan presentasi permainan gimana ka? Nikah sudah, punya anak sudah, kuda juara, lomba masak juara, lomba dog juara, rumah lengkap semua ikan legendaris jg lengkap, seluruh penjualan lengkap. tapi kok belum bisa 100%?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati gadis nya ke kamu merah gak? kalau iya, turunin ke biru. Dan untuk meningkatkan presentasi selain yang sudah kamu sebutkan, apakah power berry sudah max, termasuk yang didapat dari Kappa? apakah hati anak sudah max? bagaimana dengan hewan, apakah hewan lengkap, apakah semua slot hewan sudah penuh? juga, apakah hati hewan sudah max semua? Lalu, hewan seperti ayam, domba dan sapi apakah sudah menang lomba minimal masing-masing ada 3 dari mereka yang sudah juara? selanjutnya coba untuk mendapatkan event pernikahan, kalau sudah mendapat event pernikahan para gadis, baru buat hati gadis nya jadi merah lagi. Lalu, pertemanan dengan kurcaci bagaimana, apakah hati mereka max? Bagaimana dengan kebun dan rumah kaca? apakah menyisakan sebidang tanah yang tidak ada tanaman tumbuh di atasnya? Dan terakhir, apakah kamu menggunakan cheat?

      Delete
  29. bang bagi event tahun ke-2 spring , summer , fall , winter dong bang . ga lengkap itu event/seen nya , ga ada yang lengkap ya seen nya

    ReplyDelete
  30. saran aja bang , event/seen nya di atur dari tahun ke 1 musim 1-4 , event nya di jelasin perkolom , jangan di acak biar ga bingung . pengen ikut event semuanya dari musim ke musim tapi cuma sebagian doang yang ada T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kebanyakan event itu dipicu oleh warna hati, seberapa kamu deket sama si cewek dan si cowoknya, gk ngaruh mau dapet di tahun berapanya. Ya, walaupun ada beberapa yang di tahun tertentu si. Makasih masukkannya nanti saya pertimbangkan.

      Delete
  31. Bang, kan gua udh di musim winter tahun kedua dan karen hatinya udh merah. Semua event pemicu pernikahan udh gua dapetin kecuali final event yang memang adanya di tahun ketiga. Tapi pas gua lamar si karen kok dia ga mau ya padahal hati udh merah, rumah udh diupgrade sama udh punya blue feather. Tolong jawab bang. Makasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru kali ini denger yang kayak gini, tapi okelah. Kemungkinan itu dia udah masuk tahap "lamaran" sama Rick, jadi kamu udah gk punya kesempatan. Tapi, seinget saya mereka gk bakal nikah kalau hati karennya merah ke kamu. Kemungkinan lainnya ya Bug, gk ada alasan lain selain ini. Coba turunin hatinya, terus buat merah lagi baru lamar dia lagi.

      Delete
  32. bang kalo hati ceweknya warna oren/merah tetep bisa nikah sama orang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, kalau merahnya setelah mendekati event lamaran atau bahkan sudah dilamar, ya bisa nikah ke orang lain. Tapi, kalau merah di awal seharusnya gak bisa. Dia udah terlanjur jatuh cinta ke kamu.

      Delete
  33. min, kayaknya kalo semua event sudah dapat, artinya sebelum final event (mary sudah tulis buku tentang gray, karen sudah ke rumah rick karena malu lihat ortunya, ann sudah bawa makan siang, dllnya) hati hijau pasti sudah bisa dapat final event dan selanjutnya ya? tidak perlu turun lagi ke biru ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya untuk sampai ke final event itu cukup mendapatkan semua event di masing-masing warna hatinya, mulai dari hitam sampai hijau.

      Delete
  34. OTW TAHUN KE 3 BELOM DAPET KIDA NYIMAK GAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://hmbtnid.blogspot.com/2018/03/cara-mendapatkan-kuda-di-harvest-moon.html

      Delete
  35. Gan semisal nya aing nyelesaian semua event gadis biar nikah sama pasangan nya semua dan alhasil aing last game bakal solo kan dan ada rumor aja bakal dateng ntah iya ato engga nya mah mitos tp jika diartikan dari judul nya aja back to nature yg artinya kembali ke desa/hutan jika kita perhatikan dari judul² nya memang memiliki makna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimin sendiri gk tau, selama mimin main, mimin selalu menikah. Soal Aja balik ke desa itu mitos.

      Delete
  36. Mungkin harus nyoba sndiri biar bener hilang rasa penasaran nya dan banyak series harvest moon yg udah aing tamatin dari nds,3ds,psx,psp kalo dolphin blm

    ReplyDelete
  37. Min, aku mainnya hmbtn for girl, kira2 bkl d undang ke pernikahan mereka juga gak ya XD

    Eh btw aku bingung, mnding nikah sama siapa nih (╥﹏╥) ku deket sama semuanya
    Gray��
    Cliff��
    Rick��
    Doctor��
    Toloong sarannya, sebelum mereka diembat, dah taun ke2 nih T_T

    ReplyDelete
  38. Min mau tanya..aku main di tahun pertama ga dpt kuda.apakah di spring tahun ke 2 si kakek barley akan kasi aku kuda ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasi asalkan kmu nanem bibit rumput

      https://hmbtnid.blogspot.com/2018/03/cara-mendapatkan-kembali-kuda-yang.html

      Delete
  39. Min, kalau kelima wanita desa uda pada nikah, kn gaada lagi tuh yg bisa dinikahin. Nah ada kemungkinan diusir ngga saat awal musim ke-4 grgr engga nikah? Heheh mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimin gk tau, soalnya selama mimin main, mimin menikah. Kemungkinan si engga asalkan kondisi kebun baik.

      Delete
  40. min nanya , kalau seumpama ga nikah sama ke 5 wanita tersebut lalu apa yang terjadi? jadi jomblo abadi kah gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin kurang tahu karena pengalaman bermaian itu menikah. Kemungkinan persentase permainannya aja yang gak max 100%

      Delete
  41. min, blog ini masih aktif kah?

    ReplyDelete
  42. Bang saya mau tanya, klo eventnya ngacak misal event pertemuan mary dan gray di lanjutkan ke event perkenalan mary , apa nanti saat final event merka berdua akan terjadi menikajh

    ReplyDelete
  43. Min mau nanya...klu keranjang hilang, saat moment jam am 05.50 pagi balik sendiri tuhkan, lg megang keranjang dikebun, tiba2 dirumah sarapan, keranjang dah gak ada lg, dan diluarpun keranjang hilang, dah cari2 ke tambang juga, gak nemu2, gmn ya cara dapatin tuh keranjang lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin bantu jawab sesuai pengalaman ane gan, keranjang yg hilang bisa di beli lagi ke supermarket gan

      Delete
  44. bang sy mau nanya, sy main harvest moon yg versi cewe, hati sy sm gray udh merah nah tpi malah gagal nikah. pas spring 12 ke perpus malah liat gray ngelamar mary. itu knp ya? semua event sm gray udh dpt kecuali yg gray ngasih palu sama bersihin ladang :(

    ReplyDelete
  45. klo blog masih aktif tolong jawab min please :(
    klo minsalkan nih event udah dapat semua terus kita nikah sama siapa yah?
    sama si AJA kali ya?

    ReplyDelete
  46. Final Event rata² tahun ke-3 ya.?_

    ReplyDelete

 
Top