All About Harvest Moon: Back to Nature

Wednesday 6 February 2019

Seri Game Harvest Moon dari Masa ke Masa


Serial permainan Harvest Moon awalnya di produksi oleh Victor Interactive Software yang di akusisi oleh  Marvelus Interactive pada tahun 2002, bersama dengan Natsume yang menangani translasi bahasa inggris dan distribusinya di Amerika.

Seri Harvest Moon memulai debutnya di Jepang pada 9 Agustus 1996 dengan judul Bokujo Monogatari (牧場物語- artinya 'Kisah Kebun') yang kemudian di rilis di Amerika Utara dan tempat lainnya dengan nama Harvest Moon.

Harvest Moon merupakan permainan simulai perkebunan dimana tujuan utamanya adalah merawat sebuah perkebunan dalam kurun waktu tertentu dengan cara mengembalikan ternak dan bercocok tanam sambil berteman dengan penduduk sekitar dan menikah (dalam beberapa seri HM).

SERI HARVEST MOON DARI MASA KE MASA


Harvest Moon (1996)


Harvest Moon (Bokujo Monogatari) (1996), yang artinya "Kisah Kebun" adalah seri Harvest Moon pertama kali yang rilis di Jepang pada tahun 1996 dan rilis di Amerika Utara dengan nama Harvest Moon pada tahun 2007 untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES). Sejak saat itu permainan ini memiliki beberapa sekuel untuk berbagai konsol.

Synopsis: Pemain (Tokoh Utama Laki-Laki) ditugaskan untuk merawat perkebunan yang di wariskan dari kakeknya. Tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan perkebunan dengan cara merawat hewan ternak dan bercocok tanam. Selain itu Pemain juga harus berteman dengan penduduk sekitar, menjual hasil panen, menghadiri festival, dsb.

Pada akhir permainan, Pemain akan di Evaluasi pada sejumlah faktor, yaitu perkebunan, peternakan, hubungan dengan penduduk desa, dsb untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam upaya mengembalikan perkebunan yang sebelumnya tidak terawat menjadi terawat.

BS Bokujo Monogatari (1996)


BS Bokujo Monogatari pertama kali rilis di Jepang tahun 1996 yang artinya "BS Kisah Kebun" adalah seri kedua dari Harvest Moon untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (Super Famicom) (Satellaview).

Synopsis: Pemain mewarisi kebun kakeknya untuk mengembalikan perkebunan ke kondisi semula dimana semuanya terawat seperti memelihari hewan ternak dan menanam tanaman.

Harvest Moon GB (1997)


Harvest Moon GB (Bokujo Monogatari GB), yang artinya "Kisah Kebun GB" adalah game ke tiga dalam seri Harvest Moon. HM GB adalah game Harvest Moon portabel pertama yang di kembangkan untuk Game Boy, yang kemudian di rilis kembali untuk Versi Game Boy Color dengan nama Harvest Moon GBC pada tahun 1999.

Synopsis: Sebelum memulai permainan, Pemain dapat memilih apakah akan bermain sebagai Tokoh Utama (Main Character) (MC) perempuan atau laki-laki. Pada awal permainan, Kakek MC akan datang mengunjungi Pemain dalam bentuk Roh dan meminta Pemain untuk merawat kebunnya dan menjadi Pemilik Peternakan.

Kakek Pemain menyatakan akan datang kembali setiap akhir musim dingin untuk melihat dan menilai kemajuan dalam mengurus kebun peninggalannya. Jika Pemain memenuhi kriterai untuk menjadi Pemilik Peternakan, Pemain dapat menerima alat tambahan, dan jika menurutnya 'Tidak', maka permainan akan berakhir.

Harvest Moon GBC (1999)


Ini adalah Versi Terbaru dari Harvest Moon seri sebelumnya, yaitu Harvest Moon GB (1997) untuk konsol Game Boy Color.  Versi Game Boy Color (GBC) (1999) kemudian di rilis pada 3DS Virtual Console pada tahun 2013.

Synopsis: Sama seperti seri sebelumnya HM GB (1997) namun yang membedakan dengan HM GBC (1999) adalah penambahan fitur pada warna.

Harvest Moon 64 (1999)


Harvest Moon 64, di rilis di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari 2, yang artinya "Kisah Kebun 2" adalah seri Harvest Moon untuk konsol Nintendo 64. Ini merupakan seri ke empat Harvest Moon, mengikuti SNES, Game Boy, dan Game Boy Color.

Harvest Moon 64 merupakan seri terobosan Harvest Moon yang paling digemari pada saat itu, yang dianggap merupakan seri terbaik yang pernah di buat Harvest Moon. Ini menampilkan gambar dan grafis yang jauh lebih baik dari seri-seri sebelumnya, dan terdapat beberapa tambahan fitur menarik lainnya, diantaranya yang paling menarik perhatian pada saat itu adalah Pemain dapat menikah dan memiliki seorang anak.

Sama seperti seri-seri sebelumnya, Tujuan utama Harvest Moon 64 adalah mengembalikan kondisi kebun peninggalan Kakek agar terawat, dan Pemain memiliki waktu dua tahun untuk mengembalikan kondisi perkebunan tersebut sebelum Ayah Pemain akhirnya meng-Evaluasi apakah Pemain berhasil atau gagal.

Harvest Moon 2 GBC (1999)


Harvest Moon 2 GBC di rilis di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari GB2, yang artinya "Kisah Kebun GB2" adalah seri Game Boy Color ke dua dari yang sebelumnya HM GBC (1999). Berbeda dengan seri sebelumnya HM GBC, dan seri-seri Harvest Moon lainnya, tujuan permainan ini adalah untuk mencegah pembangunan taman hiburan.

Selain itu, HM 2 GBC memiliki beberapa tambahan fitur yang sebelumnya tidak ada di HM GBC, yaitu Pemain dapat membuat kandang dan membeli domba, membangun rumah kaca, dan berjalan di sekitar kota.

Synopsis: Pada awal permainan, Pemain dapat memilih Tokoh Utama (Main Character) (MC) sebagai laki-laki atau perempuan. Pemain harus mengembalikan kebun Kakeknya ke kondisi terawat untuk mencegah pembangunan taman hiburan.

Dalam waktu tiga tahun, Pemain harus mengembalikan kebun ke kondisi terawat, dengan beternak dan bercocok tanam. Pada akhir tahun pertama, Walikota akan datang kembali ke perkebunan untuk memeriksanya. Jika menurutnya itu terlihat bagus, Pemain dapat melanjutkan permainan sampai tiga tahun. Jika menurutnya perkebunan itu kurang berhasil, kesempatan kedua akan diberikan untuk memperbaikinya, untuk merawat perkebunan.

Jika dalam waktu tiga tahun Pemain tidak bisa mengembalikan kondisi perkebunan menjadi lebih baik, terawat, maka taman hiburan akan di bangun, dan permainan akan berakhir gagal.



-Pada 24 Desember 2008 rilis untuk PlayStation 3 dan PlayStation Portable (PSP) melalui PlayStation Network
-Pada 2011 rilis di Amerika Utara untuk PlayStation 3 dan PlayStation Portable (PSP) melalui PlayStation Network

Harvest Moon: Back to Nature atau yang di kenal dengan nama HM BTN, di rilis di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari Harvest Moon pada tahun 1999 dan rilis di Amerika Utara pada tahun 2000, yang artinya "Kisah Kebun: Bulan Panen". Ini adalah seri Harvest Moon pertama yang rilis untuk konsol non-Nintendo, melainkan PlayStation (PS).

HM BTN merupakan seri tersukses yang memiliki banyak penggemar pada saat itu, bahkan sampai sekarang kepopuleran HM BTN masih tinggi peminatnya. Meski sampai saat ini sudah banyak seri lainnya yang di terbitkan, yang jauh lebih baik dari segi penampilan grafis dan fitur lainnya, seperti seri HM Wonder Life, HM HOLV, HM LOH, dsb, HM BTN masih dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

Meskipun banyak karakter yang di ambil dari seri Harvest Moon 64, namun mereka mendapat sedikit pembaharuan yang membedakan dari karakter HM 64, seperti kepribadian, keluarga, dan pekerjaan. Lalu ada beberapa karakter baru yang tidak ada di HM 64, seperti Pastor Carter dan Doctor.

Synopsis: Pemain harus menerukan perkebunan Kakeknya yang sudah meninggal untuk mengembalikan kebun ke kondisi yang terawat. Pemain diberikan waktu tiga tahun untuk membuktikan apakah layak atau tidak untuk mengurus dan menjadi pemilik sah kebun tersebut.

Pada akhir musim ke tiga, Mayor Thomas akan datang kembali untuk melihat dan menilai perkebunan apa itu terlihat bagus atau kurang berhasil. Jika terlihat bagus artinya Pemain berhasil dan boleh tinggal di desa sebagai pemilik sah perkebunan, jika kurang berhasil maka Pemain harus pergi meninggalkan desa dan permain berakhir gagal.

Harvest Moon 3 GBC (2000)


Harvest Moon 3 GBC rilis di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari GB3: Boy Meets Girls, artinya "Kisah Kebun GB3: Laki-Laki Bertemu Perempuan" adalah seri game Harvest Moon terkahir untuk konsol Game Boy Color, mengikuti HM GBC (1999) dan HM 2 GBC (1999).

Synopsis: Pada awal permainan pemain dapat memilih Tokoh Utama (Main Character) (MC) Laki-Laki atau Perempuan. HM 3 GBC memiliki dua plot pararel atau dua cerita berbeda berdasarkan Tokoh Utama (Main Character) (MC) Laki-Laki dan Perempuan.

1.Tokoh Utama Laki-Laki (Pete): Pete adalah karakter dari Flower Bud Village, pada HM 2 GBC dia telah berhasil merawat perkebunannya.

Mr. Heinz selaku Walikota memberitahukan tentang seorang temannya yang tinggal di sebuah pulau yang jauh. Dia mengatakan bahwa temannya telah meninggal dan sekarang putrinya akan mengurus perkebunan yang diwariskan padanya. Gadis itu tidak tahu apa-apa tentang berkebun dan beternak sehingga Mr. Heinz meminta Pemain (Pete) untuk membantunya mengurus kebun itu.

2.Tokoh Utama Perempuan (Sara): Ketika bermain sebagai Sara, Pemain akan memulai sebagai seseorang yang dulu tinggal di sebuah pulau yang jauh dengan Ayahnya, Harry. Beberapa saat setelah ayahnya pergi meninggalkan pulau itu, Pemain menerima kabar bahwa Ayah Pemain telah meninggal, sehingga Pemain ditugaskan untuk mewarisi, merawat perkebunan peninggalan Ayahnya. Mr. Heinz yang merupakan teman Ayah Pemain, meminta tolong seseorang dari tempat lain untuk membantu Pemain mengembalikan kebun ke kondisi terawat, beternak dan bercocok tanam.

Jika kamu memilih karakter Laki-Laki, ketika menikah maka permainan akan tetap berlanjut, dan jika memilih karakter Perempuan, ketika menikah maka permainan akan berakhir selesai.

Harvest Moon For Girl (2000)


Harvest Moon For Girl hanya di rilis di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari Harvest Moon for Girl, yang artinya "Kisah Kebun: Bulan Panen untuk Gadis" adalah seri Perempuan dari HM BTN untuk konsol PlayStation. Namun ini mendapatkan seri terbarunya, yaitu Harvest Moon: Boy & Girl untuk PlayStation dengan Bahasa Inggris pada tahun 2005.

Permainan ini memiliki cerita yang bisa dibilang sangat mirip atau bahkan sama dengan Harvest Moon: Back to Nature (HM BTN), yang membedakan adalah Tokoh Utama dengan Main Character (MC) Perempuan bernama Claire.



-Pada 2011 rilis untuk PlayStation 3 melalui PlayStation Network

Harvest Moon: Save the Homeland di rilis di Jepang pada tahun 2001 dengan nama Bokujo Monogatari 3: Heart ni Hi o Tsukete, yang artinya "Kisah Kebun: Selamatkan Desa" adalah seri Harvest Moon pertama yang di rilis untuk konsol PlayStation 2.

HM STH memiliki fitur tambahan yang sangat mencolok pada saat itu, yaitu penampilan grafis yang terbilang sangat bagus dengan tambahan sudut pandang tiga dimensi, memungkinkan pemain dapat menggerakan dan mengambil layar menggunakan analog kanan (R3).

HM STH digadang sebagai seri terbaik yang pernah dibuat karena grafis dan fitur tambahan lainnya. Namun banyak juga yang beranggapan bahwa ini adalah seri terburuk yang pernah dibuat karena tidak memiliki fitur yang paling terkenal pada seri-seri sebelumnya yaitu Menikah, dan bagaimana tentang plot atau cerita yang lebih fokus untuk menyelamatkan desa ketimbang menikmati bagaimana rasanya kehidupan di sebuah desa yang merupakan arti dan tujuan dari nama Harvest Moon itu sendiri yang berarti Kisah Kebun.

Synopsis: Tokoh Utama (Joy) berusia 21 tahun yang mewarisi kebun kakeknya, Tony, yang baru saja meninggal. Setelah tiba di desa tempat Kakeknya tinggal, Joy mendapat surat dari Ayahnya yang berisikan tentang bagaimana kabarnya dan menyemangatinya untuk memulai hidup baru.

Diceritakan kalau desa terancam terkena penggusuran untuk pembangunan Taman Hiburan. Untuk mencegah hal tersebut Pemain akan menggantikan tugas Goddess untuk mencari cara menghentikan pembangunan Taman Hiburan tersebut dalam waktu satu tahun.

Terdapat 9 Ending (Akhir Cerita) yang masing-masing akan menyelamatkan desa dari pembangunan taman hiburan. Ini menjelaskan bahwa kamu harus bermain selama sembilan tahun untuk menyelesaikan permainan ini. Jika kamu gagal menyelesaikan salah satu ending atau akhir cerita dalam satu tahun maka taman hiburan akan dibangun dan permainan akan berakhir gagal.

Harvest Moon: Friend of Mineral Town (2003)


Harvest Moon: Friend of Mineral rilis di Jepang pada tahun 2003 dengan nama Bokujo Monogatari: Mineral Town no Nakama Tachi, yang artinya "Kisah Kebun: Teman Kota Mineral" adalah seri pertama untuk konsol Game Boy Advance, dan merupakan versi yang dibuat ulang dari Harvest Moon: Back to Nature.

Synopsis: Tokoh Utama dalam cerita tidak memiliki nama (default). Ini menceritakan tentang anak laki-laki yang tinggal di kota, yang kemudian orang tuannya mengajaknya pergi ke kota Mineral. Selama perjalanan mereka, Pemain tersesat, dan menemukan dirinya sedang berada di Perkebunan milik seorang lelaki tua.

Lelaki tua tersebut membantunya mencarikan orang tua Pemain dan menawarkan agar dia dan keluarganya untuk tinggal selama beberapa hari, karena lelaki tua tersebut tidak memiliki keluarga dan dia merasa kesepian.

Setelah Pemain meninggalkan kota Mineral, dia terus menulis surat kepada orang tua itu. Suatu hari, ketika dia sudah dewasa, surat balasan dari orang tua itu berhenti. Pemain pun memutuskan untuk pergi ke kota Mineral untuk mencari tahu alasan mengapa orang tua itu tidak lagi membalas suratnya.

Setibanya di kota Mineral, Walikota memberitahukan bahwa orang tua tersebut telah meninggal sekitar 6 bulan lalu, dan permintaan orang tua tersebut yang ingin mewarisi perkebunan yang ditinggalkannya itu. Kemudian Pemain bertekad untuk mengembalikan perkebunan itu ke kondisi yang terawat.

Harvest Moon: A Wonder Life (2003)


-Pada 2004 rilis untuk PlayStation 2

Harvest Moon: A Wonder Life pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2003 dengan nama Bokujo Monogatari: Wonderful Life, yang artinya "Kisah Kebun: Kehidupan Menakjubkan" adalah seri Harvest Moon pertama yang di rilis untuk konsol GameCube.

HM AWL ini memiliki tambahan fitur hewan yang tidak ada pada seri-seri sebelumnya, yaitu bebek, kambing, dsb.

Dan seri ini menjadi yang pertama dimana Pemain tidak hanya memiliki anak setelah menikah, tetapi juga akan menjadi dewasa. Ketika dewasa, putra Pemain akan terlihat mirip dengan Ibu mereka, dan memiliki serangkaian keinginan dan bakat yang unik. Di akhir permainan, anak yang sudah dewasa akan memilih salah satu dari ke tujuh karier yang ada, diantaranya; petani, peternak, musisi, artis, sarjana, atlet, dan ilmuwan. Jika dia menjadi petani atau peternak, dia akan mengambil alih perkebunan Pemain.

Harvest Moon: More Friends of Mineral Town (2003)


Harvest Moon: More Friends of Mineral Town pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2003 dengan nama Bokujo Monogatari: Mineral Town no Nakama Tachi for Girls, yang artinga "Kisah Kebun: Teman Kota Mineral untuk Para Gadis" adalah versi perempuan dari Harvest Moon: Friend of Mineral Town yang dirilis untuk konsol Game Boy Advence.

Synopsis: Permainan dimulai dengan Pemain yang sedang bosan dengan kehidupan di kota, dan menginginkan hal baru. Dia melihat sebuah iklan di koran tentang sebuah peternakan dan memutuskan untuk membelinya. Setelah tiba di peternakan, bagaimanapun, dia menyadari bahwa peternakannya membutuhkan banyak perbaikan. Karena dia sudah berhenti dari pekerjaannya dan menjual apartemennya, Pemain memutuskan untuk memperbaiki dan merawat peternakan dengan baik.

Harvest Moon: Another Wonderful Life (2004)


Harvest Moon: Another Wonderful Life rilis pertama kali di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari: Wonderful Life for Girls, yang artinya "Kisah Kebun: Kehidupan Menakjubkan bagi Para Gadis" adalah versi perempuan dari Harvest Moon: A Wonder Life yang dirilis untuk konsol GameCube.

Harvest Moon: Poem of Happiness (2005)


Harvest Moon: Poem of Happiness pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2005 dengan nama Bokujo Monogatari: Shiawase no Uta, yang artinya "Kisah Kebun: Puisi Bahagia" adalah seri lainnya yang di buat untuk konsol GameCube.

Pada seri ini kamu bisa memilih karakter utama sebagai laki-laki atau perempuan. Permainan ini memiliki dua tujuan, yaitu membangunkan Goddess dan menikahi salah satu warga kota. The Harvest Goddess telah mengubah dirinya menjadi batu karena sudah terlalu lama diabaikan oleh warga kota. Pemain harus mengumpulkan not musik dengan menyelesaikan berbagai tugas guna membangunkan Goddess.

Harvest Moon DS (2005)


Harvest Moon DS pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2005 dengan nama Bokujo Monogatari: Colobocle Station adalah seri pertama Harvest Moon yang di rilis untuk konsol Nintendo DS.

Synopsis: Pemain tinggal bersama temannya, Takakura, di sebuah perkebunan di Forget-Me-Not-Valley. Permainan dimulai pada dengan pertarungan antara Harvest Goddess dan Putri Penyihir. Dimana sang Putri Penyihir tidak sengaja mengirimkan Harvest Goddess ke dimensi lain, jadi dia mengirim semua Harvest Sprite (Kurcaci) ke dunia yang sama untuk menyelamatkannya. Sang Penyihir Putih kemudian memberitahukan Pemain untuk membawa semua Harvest Sprite dan menyelamatkan Harvest Goddess.

Meski pun begitu HM DS masih sama seperti seri-seri sebelumnya Harvest Moon, yaitu berkebun dan beternak, berteman baik dengan penduduk desa dan menikah.

Harvest Moon: Magical Melody (2005)


-Pada 2008 rilis untuk Wii

Harvest Moon: Magical Melody pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2005 dengan nama Bokujo Monogatari: Shiawase no Uta for World, yang artinya "Kisah Kebun: Puisi Kebahagiaan untuk Dunia" adalah edisi yang sudah dikembangkan dari seri sebelumnya Harvest Moon: Poem of Happiness untuk konsol GameCube. Meski begitu, seri ini mempunyai tambahan fitur termasuk penambahan karakter yang tidak ada pada seri sebelumnya.

Tujuan permainan masih sama dengan seri sebelumnya, yaitu mengumpulkan not untuk membangunkan Harvest Goddess yang mengubah dirinya sendiri menjadi batu karena diabaikan oleh warga kota. Namun ada yang berbeda di sini, dimana Pemain memiliki saingan bernama Jamie, yang selalu mengatakan bahwa dia lah seseorang yang akan membangunkan Harvest Goddess.

Harvest Moon: Boy & Girl (2005)


-Pada 2012 rilis untuk PlayStation Vita

Harvest Moon: Boy & Girl pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2005 dengan nama Bokujo Monogatari: Harvest Moon Boy & Girl, yang artinya "Kisah Kebun: Bulan Panen Laki-Laki & Perempuan" ini merupakan kompilasi atau gabungan dari Harvest Moon: Back to Nature dan Harvest Moon For Girl untuk konsol PlayStation Portable (PSP).

Fitur dan tujuan pada permainan masih sama seperti HM BTN dan HM For Girl. Pada seri ini Pemain dapat memilih karakter utama sebagai laki-laki atau pun perempuan.

Harvest Moon DS Cute (2005)


Harvest Moon DS Cute pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2005 dengan nama Bokujo Monogatari Colobocle Station for Girls adalah versi perempuan dari seri Harvest Moon DS untuk konsol Nintendo DS.

Meskipun ini merupakan seri perempuan dari Harvest Moon DS, plot atau cerita pada seri Harvest Moon DS Cute berbeda. Dalam versi seri ini, Ibu pemain meminta kepada Harvest Goddess dan berharap anaknya menjadi petani yang berhasil. Permain kemudian dimulai dengan Harvest Goddess yang berdiri disamping sang anak (Pemain) yang sedang tertidur dan mendiskusikan apa yang harus dilakukan dengan Pemain. Mengingat Harvest Goddess pernah berjanji dengan Ibu Pemain bahwa dia akan membantu Pemain menjadi petani yang berhasil. Harvest Goddess akhirnya menentukan bahwa Pemain terlalu malas dan tidak memiliki semangat untuk bekerja, dan mengatakan untuk segera menyerah saja.

Harvest King kemudian muncul mengejutkan semua orang, tidak senang dengan keputusan Harvest Goddess. Pertengkaran antara Harvest Goddess dengan Harvest King pun terjadi, dengan Harvest Sprite (Kurcaci) berada di pihak Harvest Goddes. Ini membuat Harvest King marah, mengubah Harvest Goddess menjadi batu dan mengirim Harvest Sprite ke dunia lain. Dia kemudian meninggalkan surat kepada Pemain yang mengatakan padanya jika dia bekerja keras, dia akan mengembalikan Harvest Sprite dan Harvest Goddess. Inti dari cerita dan tujuan tetap tidak berubah di antara kedua versi.

Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon (2006)


-Pada 2007 rilis untuk PlayStation 2
-Pada 2012 rilis untuk PlayStation Vita

Innocent Life: A Fururistic Harvest Moon pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2006 dengan nama Innocent Life: Shin Bokujo Monogatari dan di Australia sebagai Harvest Moon: Innocent Life. Ini adalah spin-off futuristik Harvest Moon yang dirilis untuk konsol PlayStation Portable (PSP), dan merupakan seri pertama yang mengambil waktu di masa depan.

Synopsis: Permainan di mulai di pulau Hearthflame yang dipenuhi oleh berbagai macam peninggalan yang dapat dijelajahi dengan berjalan kaki atau naik kendaraan. Pemain memiliki kemampuan untuk menjelajahi reruntuhan pulau dan bahkan mengunjungi gunung berapi. Semua area ini memiliki medan sendiri dan menyerupai surga tropis. Untuk menjelajahi seluruh pulau pemain harus mengumpulkan perhiasaan dan membuka segel.

Ada yang berbeda pada seri ini dari seri-seri sebelumnya, yaitu karakter utama yang digunakan adalah robot bernama Grain yang dibuat oleh Dr. Hope untuk menyelamatkan pulau. Roh pulau yang disegel membuat orang-orang mulai bergantung pada mesin untuk melakukan segala hal termasuk pertanian dan peternakan.

Run Factory: A Fantasy Harvest Moon (2006)


-Pada 2008 rilis untuk Nintendo DS (Run Factory 2: A Fantasy Harvest Moon)
-Pada 2008 rilis untuk Wii (Run Factory Frontier)
-Pada 2009 rilis untuk Nintendo DS (Run Factory 3: A Fantasy Harvest Moon)
-Pada 2011 rilis untuk PlayStation 3, Wii (Run Factory: Tides of Destiny)
-Pada 2012 rilis untuk Nintendo 3DS (Run Factory 4)

Run Factory: A Fantasy Harvest Moon di rilis pertama kali di Jepang pada tahun 2006 dengan nama Run Fakutori ini merupakan spin-off dari permainan Harvest Moon yang menampilkan komponen-komponen fantasi dan dungeon crawl. Seri ini disebut dengan nama "Harvest Moon where you wield a sword" yang artinya Harvest Moon dimana kau memegang sebuah pedang, seri ini ditujukkan untuk konsol Nintendo DS. Ini dijelaskan oleh Yushifumi Hashimoto, produser seri Harvest Moon.

Seri ini masih memiliki fitur yang sama pada seri sebelumnya, yaitu berkebun dan beternak, berteman baik dengan penduduk dan menikah dengan salah satu warga. Namun yang membedakan adalah cara membeli hewan yang digantikan dengan mengalahkan dan berteman dengan monster yang ada di ruang bawah tanah. Jika monster berhasil dijinakkan, itu dapat membantu Pemain dalam pertempuran, menghasilkan barang, atau membantu merawat tanaman.

Dan fitur lainnya adalah adanya darah (Health Point) (HP) dan stamina terbatas yang dinamakan Rune Points (RP) untuk melakukan tugas di perkebunan dan juga menggunakan senjata dan sihir untuk melawan monster.

Harvest Moon DS: Island of Happiness (2007)


Harvest Moon DS: Island of Happiness pertama kali rilis di Jepang tahun 2007 dengan nama Bokujo Monogatari: Kimi to Sodatsu Shima, yang artinya "Kisah Kebun: Tumbuh Bersamamu Dipulau Itu" ini adalah seri Harvest Moon untuk konsol Nintendo DS.

Synopsis: Pada awal permainan kamu bisa memilih sebagai karakter utama laki-laki (Mark) atau perempuan (Chelsea). Cerita dimulai dengan Pemain menaiki sebuah kapal untuk melarikan diri dari kehidupan kota dan memulai hidup baru di sebuah pulau. Pada saat di tengah perjalanan menuju pulau, kapal yang membawa Pemain di serang badai, dan kemudian di sambar petir lalu hancur.

Taro yang juga berada di kapal tersebut menemukan Pemain di pesisir pantai di sebuah pulau dan lalu membangunkan Pemain. Bersama dengan putrinya, Felicia, mereka memperkenalkan diri lalu mengajak Pemain untuk menjelajah pulau. Tiba di bagian teratas pulau, mereka menemukan sebuah peternakan tua dan bertanya apakah Pemain ingin menjadi pemilik peternakan pulai ini, dan Pemain otamatis akan setuju.

Tampaknya di pulau tersebut terdapat tanda-tanda kehidupan di masa lalu, tetapi tidak ada yang tahu apa yang terjadi. Dengan bertani dan beternak, Pemain akan menarik lebih banyak warga kota untuk tinggal atau liburan di pulau tersebut.

Harvest Moon: Tree of Tranquility (2007)


Harvest Moon: Tree of Tranquility pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2007 dengan nama Bokujo Monogatari Yasuragi no Ki, yang artinya "Kisah Kebun: Pohon Ketenangan" adalah seri Harvest Moon pertama untuk konsol Nintendo Wii. Meskipun sebelumnya PAL (Eropa dan Australia) merilis seri HM Magical Melody pada Wii bukan GameCube.

Synopsis: Pemain baru saja pindah ke sebuah pulau dari yang sebelumnya tinggal di kota. Namun, terdapat pohon suci yang telah mati di pulau itu, dan Goddess di pulau itu telah tertidur. Pulau itu telah kehilangan hubungannya dengan alam dan penduduknya tidak tahu harus berbuat apa.

Untuk membangunkan Goddess, Pemain harus membantu Harvest Sprite mengumpulkan "badges" tertentu dan menciptakan pelangi. Setelah semua warna pelangi terbentuk, Harvest Goddess akan terbangun kembali, dan permainan akan tetap berlanjut.

Dengan bercocok tanam dan beternak, berteman dengan penduduk sekitar lalu menikah dan membesarkan sebuah keluarga, Pemain dapat membantu menyelamatkan pulau dengan menghidupkan kembali pohon suci.

Pemain juga memiliki kesempatan untuk mengakhiri permainan dengan memulai kembali sebagai sang anak, sekaligus mewarisi semuanya, uang, perkebunan, dsb dari permainan sebelumnya. Meskipun karakter Pemain tetap sama, Pemain bisa menikah dengan karakter baru lainnya.

Puzzle de Harvest Moon (2007)


Puzzle de Harvest Moon adalah permainan teka-teki spin-off dalam seri Harvest Moon. Ini dikembangkan pleh Platinum-Egg Inc, dan diterbitkan oleh Natsume pada 6 November 2007 untuk konsol Nintendo DS.

Tujuan permainan ini adalah menanam tanaman pada bidang kecil yang dibagi dengan tiga pemain lain (lawan). Pemain dapar bermain dengan mode Normal, 2 vs 2, Kouta, dan Survival.

Inti dari permainan ini adalah untuk menghasilkan tanaman yang dihitung terhadap nilai akhir. Tugas yang tersedia yang harus dilakukan Pemain tergantung pada kartu yang muncul di layar. Semua pemain memanfaatkan kebun sayur yang sama sehingga Pemain dapat mengambil hasil tanaman pemain lain. Ini juga berlaku untuk pemain lain yang berkesempatan mengambil hasil tanaman Pemain.

Harvest Moon DS: Sunshine Island (2008)


Harvest Moon DS: Sunshine Island pertama kali rilis di Jepang pada tahun 2008 dengan nama Bokujo Monogatari: Kira Kira Taiyou to Nakama Tachi, yang artinya "Kisah Kebun: Matahari dan Teman-Teman" adalah seri Harvest Moon yang dirilis untuk konsol Nintendo DS, dan ini merupakan remake dari seri sebelumnya, yaitu Harvest Moon: Island of Happiness, memperbaiki semua kesalahan pada seri sebelumnya.

Synopsis: Bertahun-tahun yang lalu, gempa bumi yang dahsyat melanda Sunshine Island, menyebabkan pulau beserta penduduknya tenggelam ke laut. Tugas Pemain adalah menemukan "Sun Stones" yang ajaib, yang dapat mengembalikan Sunshine Island ke kejayaan mereka sebelumnya.

Harvest Moon: Animal Parade (2008)


Harvest Moon: Animal Parade pertama kali rilis di Jepan tahun 2008 dengan nama Bokujo Moogatari: Waku Waku Animal March, yang artinya "Kisah Kebun: Pawai Hewan Menakjubkan" adalah judul kedua seri Harvest Moon yang dirilis untuk konsol Wii, mengikuti Harvest Moon: Tree of Tranquility.

Seri ini memiliki karakter yang sama dengan HM ToT, namun yang membedakan adalah adanya fitur tambahan pada hewan, yang semuanya Pemain bisa naik, termasuk hewan sirkus. Tidak hanya itu, pembaharuan juga dilakukan terhadap peta, serta tambahan karakter perempuan yang bisa dinikahi nantinya.

Synopsis: Pemain mulai di pulau Castenet dan menemukan bahwa pohon Dewi yang pernah tumbuh di tengah kolam Harvest Goddess telah mulai melemah. makhluk-makhluk mulai meninggalkan pulau, dan lima lonceng telah kehilangan kekuatan mereka. Hanya kekuatan Harvest King yang dapat menghidupkan kembali pohon Dewi, tetapi dia tidak bisa ditemukan dimana pun.

Tugas Pemain adalah membunyikan lima lonceng yang dijaga oleh Harvest Spirite untuk mendapatkan Farm Degree title of Hero. Lima lonceng yang dibunyikan secara bersamaan akan membawa Harvest King kembali ke pulau, dan membantu menghidupkan kembali pohon Dewi.

Harvest Moon DS: Grand Bazaar (2008)


Harvest Moon DS: Grand Bazaar pertama kali rilis di Jepang tahun 2008 dengan nama Bokujo Monogatari: Yokoso! Kaze no Bazaar e, Ranch Stroty: Welcome! To Wind's Bazaar, yang artinya "Kisah Kebun: Selamat Datang di Pameran Angin!" adalah seri kelima Harvest Moon untuk konsol Nintendo DS.

Ada yang berbeda yang tentunya menarik pada seri ini, dimana Pemain harus bercocok tanam dan panen guna menjualnya melalui kios pada bazaar yang dibuka setiap hari sabtu. Pemain akan bersaing dengan penduduk desa lain termasuk petani untuk keuntungan yang lebih besar.

Harvest Moon: Hero of Leaf Valley (2009)


-Pada 2012 rilis untuk PlayStation Vita

Harvest Moon: Hero of Leaf Valley pertama kali rilis di Jepang dengan nama Bokujo Monogatari: Sugar Mura to Minna no Negai, yang artinya "Kisah Kebun: Desa Gula dan Harapan Setiap Orang" adalah seri Harvest Moon yang dirilis untuk konsol PlayStation Portable (PSP), yang merupakan remake dari seri sebelumnya, Harvest Moon: Save the Homeland (2001).

Terdapat pembaharuan dan fitur tambahan yang tidak ada pada seri sebelumnya, salah satunya adalah Pemain bisa menikah pada seri ini.

Synopsis: Garis besar cerita dan tujuan pada seri HM HoLV ini masih sama dengan HM STH, namun plot atau cerita mengalami perubahan, dimana permainan dimulai pada saat Pemain melakukan perjalanan ke Sugar Village untuk mengambil barang-barang kakeknya setelah mendengar bahwa dia telah meninggal.

Di sana Pemain bertemu dengan Harvest Goddess dan Harvest Sprite, mereka memberitahukan bahwa desa akan dijadikan taman hiburan, dan meminta Pemain untuk membantu mereka menghentikannya. Pemain kemudian memutuskan untuk mengambil alih peternakan kakeknya dan bekerja keras untuk mengubah desa, menyelamatkannya dari pembangunan taman hiburan dengan memilih cara yang berbeda. Pemain dapat menemukan hingga 16 cara untuk menyelamatkan desa.

Harvest Moon: My Little Shop (2009)


Harvest Moon: My Little Shop pertama kali rilis di Jepang tahun 2009 dengan nama Bokujo Monogatari Series: Shirizu ma Kiba no o Omise, yang artinya "Serial Kisah Kebun: Toko Kebun" adalah seri Harvest Moon untuk konsol Wii.

Dalam seri Harvest Moon yang biasanya berfokus pada pertanian dan peternakan, seri ini lebih tertuju pada menjalankan toko. Pemain juga dapat memilih karakter utama sebagai laki-laki atau pun perempuan yang kemudian membuka sebuah toko dengan desain berbeda dan melakukan berbagai hal di toko untuk menarik minat pengunjung.

Synopsis: Pemain menjalankan sebuah toko di Clover Town yang dulu dijalankan oleh kakek-neneknya di pertanian mereka. Tempat yang kumuh membuat orang-orang pergi meninggalkan kota. Pemain di tugaskan untuk menjalankan toko dan melakukan segala upaya agar selalu ramai dan membantu Clover Town menjadi kota yang makmur seperti sebelumnya.

Harvest Moon: Frantic Farming (2009)


-Pada 2010 rilis untuk Blackberry

Harvest Moon: Frantic Farming adalah permainan teka-teki kedua sekuel spin-off dalam seri Harvest Moon, mengikuti Puzzle de Harvest Moon, dan ini merupakan seri pertama yang di rilis untuk iOS (iPhone, iPod Touch, iPad), dan juga Nintendo DS.

Permainan sama seperti seri sebelumnya, Puzzle de Harvest Moon. Hanya yang membedakan adalah seri ini menggunakan karakter dari seri Sunshine Island dan Island of Happiness.

Para pemain berlomba mengumpulkan sayuran untuk memperbaiki menara bercahaya misterius yang menyebabkan sayuran tumbuh secara acak di seluruh Sunny Island.

Harvest Moon: The Tale of Two Towns (2010)


-Pada 2011 rilis untuk Nintendo 3DS

Harvest Moon: The Tale of Two Towns rilis pertama kali di Jepang tahun 2010 dengan nama Bokujo Monogatari: Futago no Mura, Ranch Story: Twin Villages, yang artinya "Kisah Kebun: Desa Kembar" adalah seri Harvest Moon untuk konsol Nintendo DS.

Synopsis: Desa Bluebell dan Konohana dulunya adalah tetangga yang ramah yang dihubungkan oleh terowongan bawah tanah melewati gunung. Namun terjadi perdebatan dan pertengkaran antara ke dua desa, yaitu makanan!, mana yang lebih baik.

Harvest Goddess yang bosan dengan pertengkaran yang terjadi sangat lama dan berlarut-larut ini, memutuskan untuk menghancurkan terowongan yang menjadi penghubung ke dua desa tersebut. Namun ini tidak menyelesaikan masalah, ke dua desa masih tetap berseteru satu sama lain tentang makanan dari desa siapa yang lebih baik, yang terjadi selama festival memasak mingguan berlangsung.

Permainan dimulai ketika Pemain sedang mengendari kuda melewati gunung di antara kedua desa. Di tengah perjalanan, seekor rubah melompat ke tengah jalan, menyebabkan Pemain membelok dan jatuh ke tebing, membuat Pemain pingsan.

Pemain ditemukan tergeletak di tanah oleh Rutger, walikota Bluebell, dan Ina, walikota Konohana. Pemain hilang ingatan akan tempat tinggalnya, dan masing-masing walikota menegaskan bahwa Pemain tinggal di desa mereka. Pemain akan memilih akan tinggal di desa Bluebell atau Konohana.

Tugas Pemain adalah menyatukan kembali ke dua desa dengan cara memenangkan banyak festival memasak untuk menyelesaikan perbedaan, dan membersihkan reruntuhan terowongan untuk menghubungkan kedua desa.

Minna de Bokujo Monogatari (2010)


Minna de Bokujo Monogatari, yang artinya "Bulan Panen Dengan Siapa Saja" adalah seri Harvest Moon pertama yang merupakan permainan berbasis penjelajah web yang berdasarkan pada serial tersebut.

Harvest Moon 3D: A New Beginning (2012)


Harvest Moon 3D: A New Beginning pertama kali rilis di Jepang tahun 2012 dengan nama Bokujo Monogatari: Hajimari no Daichi, lit, yang artinya "Kisah Kebun: Lahan Permulaan" adalah seri Harvest Moon untuk konsol Nintendo 3DS.

Tujuan game ini untuk menghidupkan kembali kota yang ditinggalkan yang bernama Echo Village agar penduduk dan hewan kembali.

Synopsis: Dulu banyak orang yang tinggal di Desa Echo, dan sekarang tempat itu sepi. Satu demi satu, penduduk desa pindah ke kota. Sekarang hanya beberapa warga saja yang tinggal di desa itu.

Orang tua Pemain baru saja mewariskan peternakan yang ada di desa Echo kepada Pemain. Dalam perjalan ke peternakan Pemain bertemu dengan seorang lelaki yang tengah pingsan. Pemain kemudian membantunya. Setelah sadar, dia memperkenalkan dirinya adalah Dunhill, dan dia mendengar tentang Pemain dari orang tua Pemain, yang merupakan temannya. Mereka telah menuliskan surat yang menyatakan tentang kedatangan Pemain. Kemudian dia mengajak Pemain berkeliling desa, menjelaskan sejarahnya, dan membawa Pemain ke peternakan.

Untuk menghidupkan kembali peternakan yang berhasil memerlukan pembangunan kembali pada desa. Bersama dengan Dunhill Pemain memutuskan untuk memakmurkan desa menjadi seperti sebelumnya yang ramai tinggal dan pengunjungnya.

Hometown Story (2013)


Hometown Story pertama kali rilis di Jepang tahun 2013 dengan nama Homutaun Sutori adalah permainan simulasi kehidupan untuk konsol Nintendo 3DS. Sebuah spin-off yang lebih tertuju pada kepengurusan kedai ketimbang perkebunan.

Synopsis: Pemain bertugas mengelola toko yang diwarisi dari nenek mereka yang sudah meninggal. Pemain dapat mengatur dan menyimpan rak-rak toko dengan apa yang sesuai Pemain inginkan, dan dapat memperluas toko.

Untuk bisa semirip mungkin dengan seri Harvest Moon lainnya, Pemain dapat berinteraksi dengan penduduk sekitar. Awalnya kota tempat pemain tinggal hanya terdiri dari sepuluh orang dan akan bertambah terus tergantung pada apa yang Pemain lakukan selama mengelola toko.

Story of Seasons (2014)


Story of Seasons pertama kali rilis di Jepang tahun 2014 dengan nama Bokujo Monogatari: Tsunagaru Shin Tenchi, yang artinya "Kisah Kebun: Menuju Dunia Baru" adalah seri Harvest Moon untuk konsol Nintendo 3DS.

Synopsis: Pemain bosan dengan kehidupan rutin di kota dan menemukan selebaran yang tentang dibutuhkannya petani di Oak Tree Town. Mengambil resiko, Pemain memutuskan untuk pindah ke desa tersebut. Ada empat petani lain yang tinggal di Oak Tree Town, yang akan mengajari Pemain cara mengelola peternakan baru Pemain.

Tujuan utamanya adalah membuka semua tujuh vendor dengan memenuhi persyaratan tertentu dan menjadikan Oak Tree Town menjadi kota perdagangan internasional yang terkenal. Bersama-sama, Pemain dan petani komputer (NPC) akan saling membantu untuk menjadi sukses.

Harvest Moon 3D: The Lost Valley (2014)


Harvest Moon 3D: The Lost Valley rilis pertama kali di Jepang tahun 2014 adalah seri pertama yang bukan merupakan bagian Harvest Moon yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Tabut inc untuk konsol Nintendo 3DS.

Synopsis: Suatu hari ketika Pemain mendaki jalan melewati pegunungan, Pemain terjebak dalam badai salju yang tak terduga, dan menemukan tempat berlindung dengan bantuan suara yang samar. Ketika Pemain terbangun, Pemain menemukan dan membantu Harvest Sprite yang tertimbun di bawah salju, dan mereka memberitahu Pemain bahwa semua musim di desa telah lenyap kecuali musim dingin. Untuk mengembalikan semua 4 musim ke desa, Pemain membutuhkan bantuan penduduk desa, Harvest Sprite, Harvest Goddess, dan bahkan Raja Dunia Bawah!

Return to PoPoLoCrois: A Story  of Seasons Fairytale (2015)


Return to PoPoLoCrois: A Story of Seasons Fairytale rilis pertama kali di Jepang tahun 2015 dengan nama PoPoLoCrois Bokujo Monogatari, Iit, yang artinya "Kisah Kebun: PoPoLoCrois" adalah spin-off permainan gabungan dari crossover PoPoLoCrois dan Story of Seasons (yang dikenal di luar Jepang dengan nama Harvest Moon) untuk konsol Nintendo 3DS.

Sejumlah karakter dari seri PoPoLoCrois ada pada seri ini. Dan, seperti dalam seri Harvest Moon mana pun, para Pemain bisa dan harus merawat hewan dan menanam tanaman di peternakan Pemain.

Harvest Moon: Seed of Memories (2016)


Harvest Moon: Seed of Memories adalah seri Harvest Moon yang dikembangkan oleh Natsume Company Ltd. untuk berbagai konsol - iOS dan Android, dan ini merupakan seri pertama yang dirilis untuk Android.

Seri ini sangat mirip dengan Harvest Moon 3D: Lost of Valley (2014), dan beberapa karakter juga telah kembali untuk penampilan keduanya.

Plot atau cerita utama berada di Chestnut Town, sebuah kota kecil dengan beberapa toko dan peternakan. Tidak seperti kebanyakan seri Harvest Moon, seri ini memiliki fitur yang sangat sederhana dan cara bermain yang agak mudah.

Story of Seasons: Trio of Towns (2016)


Story of Seasons: Trio of Towns rilis pertama kali di Jepang tahun 2014 dengan nama Bokujo Monogatari: Mittsu no Sato no Taisetsuna Tomodachi, yang artinya "Kisah Kebun: Teman Baik dari Tiga Desa" adalah seri Harvest Moon untuk konsol Nintendo 3DS.

Dalam seri ini, selain mengurus pertanian dan peternakan, Pemain dapat mengunjungi tiga kota, masing-masing dengan budaya dan gaya hidup yang berbeda.

Harvest Moon: Skytree Village (2016)


Harvest Moon: Skytree Village adalah seri Harvest Moon yang dirilis Natsume khusus untuk Nintendo 3DS.

Synopsis: Permainan dimulai di tempat yang dikenal sebagai "Oasis of the Harvest Goddess". Banyak orang dulu tinggal di desa Skytree, dan tanah itu dulunya subur dan hijau. Tapi setelah kekuatan Harvest Goddess perlahan mulai melemah, tanah menjadi kering dan tandus. Semua tergantung Pemain untuk menghidupkan kembali tujuh Skytree untuk mengembalikan kekuatan Harvest Goddess untuk mengembalikan kehidupan di tanah Oasis of the Harvest Goddess agar kembali subur dan hijau, dan banyak warga yang kembali untuk tinggal dan berkunjung.

Harvest Moon: Lil' Farmers (2017)


Harvest Moon: Lil' Farmers adalah seri Harvest Moon untuk konsol Android dan iOS yang dirilis pertama kali pada 25 Mei 2017.

Seri ini dikhususkan untuk anak-anak yang dimana fitur di dalamnya memiliki tampilan, gameplay, dan fitur lainnya yang disederhanakan agar lebih mudah dimainkan. HM Lil' Farmers bisa Pemain miliki dengan mengunduhnya hanya $ 3,99, atau sekitar Rp 28.000 yang dimana anda tidak perlu lagi melakukan pembelian di dalam game.

Masih sama seperti seri-seri sebelumnya, Pemain harus merawat hewan ternak dan menanam tanaman di kebun untuk memainkan Harvest Moon: Lil' Farmers dan tentunya ini juga terdapat fitur tambahan yang sebelumnya tidak ada di seri sebelumnya.

Harvest Moon: Light of Hope (2017)


Harvest Moon: Light of Hope atau yang dikenal dengan singkatan HM LoH adalah salah satu seri andalan yang dibuat oleh Natsume. Seri ini resmi di rilis pada 14 November 2017 untuk konsol PC, dan merupakan yang pertama.

Seri ini mengambil latar cerita di sebuah pelabuhan kota, yang dimana Pemain ditugaskan untuk menghidupkan kembali mercusuar di sana.

(✔) QnA: Harvest Moon memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing seri yang memiliki peminatnya masing-masing. Dari semua seri, manakah yang kamu mainkan dan yang paling suka. Tuliskan di kolom komentar dan berikan alasannya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top